Mengubah Pikiran Irasional Siswa SMP/MTA Menggunakan Pendekatan Rebt

Rabiah Nasution, Dahlia Aulia, Yenti Arisni

Abstract

Dunia pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan pendidikan dimana ketakutan emosional tidak dapat dikendalikan dengan baik. Siswa terkadang merasa cemas karena takut untuk berbicara di depan umum atau di depan kelas dan tidak mampu menghadapi masalah atau masalah yang muncul secara pribadi di sekolah. Kecemasan merupakan salah satu gangguan emosional yang paling umum, ditandai dengan perubahan fisik seperti rasa takut, panik, mimpi buruk dan sebagainya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan REBT teknik yang bertujuan untuk men-dispute pemikiran negatif/irasional menjadi rasional. Pendekatan REBT memiliki tujuan untuk mengubah pandangan dan keyakinan irasional menjadi rasional, membantu mengubah sikap, cara berpikir dan persepsi. Teori ini dikembangkan berdasarkan hasil pengamatannya bahwa banyak anak yang tidak mencapai kemajuan karena dia tidak memiliki pemahaman yang tepat dalam hubungannya dengan peristiwa-peristiwa yang dialami. oleh karena itu konseling diharapkan mampu mengembangkan dan mencapai realisasi diri secara optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Salah satu yang dapat meningatkan keefektifan ialah layanan konseling Rasional Emotive Behavior Therapy menggunakan Peran guru bimbingan konseling di sekolah baik itu SMP/MTA sangat di butuhkan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh siswa menggunakan pendekatan REBT memisahkan antara pemikiran negatifnya/ irasionalnya menjadi rasional.

Keywords

Pendekatan REBT, Siswa SMP/MTA, Pemikiran Irasional

Full Text:

PDF

References

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Handayani, P. G. (2019). Pendekatan Counseling Rebt Dalam Menanggulangi Culture Shock Mahasiswa Rantau. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(2).

Nuryani, I. (2017). Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Mengatasi Kecemasan Wanita Lajang Di Atas 30 Tahun (Studi Kasus Di Desa Tarumanagara, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang). (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten).

Oktora, S. W., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2017). Peningkatan Percaya Diri Dalam Belajar Menggunakan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt). Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(5).

Seplyana, D. (2019). Implementasi Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Membantu Mengatasi Kebiasaan Terlambat Siswa Sma Negeri 6 Model Lubuklinggau. El-Ghiroh, 17(02), 25-43.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.