RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI INVENTORI APOTEK (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT BHAKTI PERSADA MAGETAN)

Mochamat Bayu Aji

Abstract

Teknologi informasi berbasis komputer, dewasa ini sangat memberi dukungan bagi sebuah instansi atau perusahaan. Teknologi tidak lagi dipandang hanya sebagai pelengkap, tetapi sudah menjadi salah satu penentu atas terlaksananya sasaran atau strategi. Teknologi komputer sangat bermanfaat dalam berbagai bidang tidak terkecuali dalam bidang kesehatan. Bidang kesehatan lainya yaitu apotek, saat ini juga mengalami perkembangan pengolahan informasi berbasis komputer. Salah satunya adalah pembuatan sistem informasi inventori persediaan obat. Sistem informasi inventori persediaan obat pada Apotek R.S.I.A Bhakti Persada yang dikerjakan secara manual, perlu adanya pendataan dan pengolahan data yang terkomputerisasi sebagai alat bantu dalam mengolah data. Pemanfaatan teknologi yang terkomputerisasi akan membantu dalam pengolahan data penerimaan atau pengeluaran obat dan akan lebih cepat untuk memberikan informasi persediaan obat.

Keywords

Persediaan, Apotek, Visual Basic 6.0, Crystal Report 8.5, Microsoft Office Access

Full Text:

PDF

References

Jogiyanto HM, MBA, Akt. Prof. Dr. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis.Yogyakarta: CV. Andi Offset

Kusrini, M.Kom & Koniyo, Andri. 2007. Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Pandia Henry, MT. 2006. Seri Referensi dan Aplikasi TIK untuk SMA Microsoft Access. Jakarta: Erlangga.

Rusdah. 2011. Analisa dan Rancangan Sistem informasi Persediaan Obat: Studi Kasus Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vol.3 No.2, ISSN: 2085-725X

Suryana, Taryana. 2009. Visual Basic. Yogyakarta: Graha Ilmu

Utami, Ema & Dwi Haritanto, Anggit. 2012. Sistem Basis Data Menggunakan Microsoft SQL Server 2005. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yamit, Zulian, M.si. Drs. 2008. Manajemen Persediaan. Yogyakarta: EKONISIA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.