Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Bekerja Dengan Tidak Bekerja
Abstract
The aim of this research is to find out whether there are differences in the learning outcomes of students who work and students who do not work. This study uses quantitative methods with comparative studies. The results of this research, which was carried out using an independent sample t-test, show that the learning outcomes of working students are different from those of students who do not work. More research is needed on how the learning outcomes of working and non-working students differ.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman,M.(2012).Anakberkesulitanbelajar:Teori,diagnosisdanremidiasinya.Jakarta:RinekaCipta. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jamaludin, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 198–210.
Mardelina,E.,&Muhoan,A.(2017).Mahasiswabekerjadandampaknyapadaaktivitasbelajardanprestasiakademik.
JurnalEconomia,13(2), 201–209.
Parma, & Saparwadi, L. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer Melalui Program Maple di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 37–48.
Purwanto, H., Syah, N., & Rani, I. G. (2013). Perbedaanhasilbelajar mahasiswa yang bekerja dengantidakbekerja program studi pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil FT-UNP. CIVED, 1(1), 34–42.
Sa’dijah, C. (2014). Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. MIPA Dan Pembelajarannya, 36(2).
Sa’dijah, C., & Wahyuningsih, S. (2004). Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan KemampuanPemecahanMasalahMatematikaSiswaSLTP. Jurnal Pendidikan &Pembelajaran,11(1), 39–47.
Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185, 3(1), 39–46.
Saparwadi, L. (2018). Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Memahami Konsep Kalkulus Diferensial Dan Kalkulus Integral Dengan Menggunakan Maple. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 275–282.
Saparwadi, L. (2019). Negasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).
Saparwadi, L., & Aini, Q. (2016). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Program Linear: Studi Kasus Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Tatsqif: Jurnal Penelitian Kependidikan FITK IAIN Mataram, 14(1), 32–47.
Saparwadi, L., & Cahyowatin. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110.
Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. P. (2017). Siswa dalam menyelesaikan soal operasi penjumlahan pada bilangan pecahan dan reversibilitas. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3, 60–66.
Saparwadi, L., Sa’dijah, C., Rahman, A., & Chandra, T. D. (2019). Reversible Thinking Ability in Calculus Learn-ing using Maple Software: A Case Study of Mathematics Education Students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 695–700.
Saparwadi, L., & Yuli Anita. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Akselerasi dengan Siswa Regular. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(03), 349–358.
Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Sofware Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.722
Sugihartono, & dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono.(2015).MetodePenelitianKombinasi(MixMethods).Bandung:Alfabeta.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto,A.(2013).Teoribelajardanpembelajarandisekolahdasar.Jakarta:Kencanaperanda mediagroup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.