Implementasi Metode Pembelajaran Terhadap Anak Tingkat Sekolah Dasar Di SDN 066650 Medan
Abstract
Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan untuk melaksanakan rencana dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Serta mengetahui metode pengajaran yang disukai guru dan Mengetahui metode diskusi/ceramah mana yang lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Temukan juga Pada tahap manakah siswa dapat diajak menggunakan metode diskusi/belajar kelompok? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kami adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian kami fokus pada observasi dan wawancara terhadap salah satu guru di SDN 066650 yaitu Ibu Nurhalimah Nainggolan selaku guru kelas VI di sebuah sekolah dasar. Dan hasil penelitian ini lebih efektif menggunakan metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu meningkatkan kinerja siswa dalam belajar dengan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya dalam bidang tertentu. Hal ini dikarenakan mereka berinteraksi dengan siswa lain yang mempunyai kemampuan yang sama dengan mereka dan tidak mematahkan semangat mereka karena kemampuannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,13(66),17.
Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Baso-Intangsappaile/Publication/338630469_KONSEP_INSTRUMEN_PENELITIAN_PENDIDIKAN/Links/5e206c1292851cafc38a7232/KONSEP-INSTRUMEN-PENELITIAN-PENDIDIKAN.Pdf
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.
Https://Www.Jurnaldidaktika.Org/Contents/Article/View/13
Mukodi, M. (2018). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan Dan Faktor-Faktor Pendidikan Dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1468-1476.
Https://Ejournal.Stkippacitan.Ac.Id/Ojs3/Index.Php/Jpp/Article/Download/196/160
Suryatni Gayup, 2020. BAB II Tinjauan Pustaka. Pengertian Faktor-Faktor.
Diunduh Pada 9 Oktober
Alfain, S. N. I., Soleh, A. K., & Yamani, M. R. (2023). The Role Of Patience In Coping Mental Problems: A Quranic Perspective. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 34(2), 195-212.
Https://Ejournal.Uit-Lirboyo.Ac.Id/Index.Php/Tribakti/Article/View/3633
SANDY, C. A. Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Melalui Media Loose Parts Di Kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2022-2023.
Https://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/117128
Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 12-20.
Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/Bffd/E5b37bd3b829779da149c36f5c4c15026e5b.Pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.