Implementasi Metode Pembelajaran Terhadap Anak Tingkat Sekolah Dasar Di SDN 066650 Medan

Afrahul Fadhila Daulay, Charunnisa Wardani, Nurlia Setiwati, Dwi Retno Anjani, Siti Sarah Rambe, Reyvan Rivai Wijaya

Abstract

Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan untuk melaksanakan rencana  dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Serta mengetahui metode pengajaran yang disukai guru dan Mengetahui metode diskusi/ceramah mana yang lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Temukan juga  Pada tahap manakah siswa dapat diajak menggunakan metode diskusi/belajar kelompok? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kami adalah metode penelitian kualitatif, dimana penelitian kami fokus pada observasi dan wawancara terhadap salah satu guru di SDN 066650 yaitu Ibu Nurhalimah Nainggolan selaku guru kelas VI di sebuah sekolah dasar. Dan hasil  penelitian ini  lebih efektif menggunakan metode diskusi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu meningkatkan kinerja siswa dalam belajar dengan mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya dalam bidang tertentu. Hal ini dikarenakan mereka berinteraksi dengan siswa lain yang mempunyai kemampuan yang sama dengan mereka dan tidak mematahkan semangat mereka karena kemampuannya.

Keywords

Metode Pembelajaran ,Implementasi ,SDN 066650 Medan

Full Text:

PDF

References

Sappaile, B. I. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,13(66),17.

Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Baso-Intangsappaile/Publication/338630469_KONSEP_INSTRUMEN_PENELITIAN_PENDIDIKAN/Links/5e206c1292851cafc38a7232/KONSEP-INSTRUMEN-PENELITIAN-PENDIDIKAN.Pdf

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.

Https://Www.Jurnaldidaktika.Org/Contents/Article/View/13

Mukodi, M. (2018). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan Dan Faktor-Faktor Pendidikan Dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1468-1476.

Https://Ejournal.Stkippacitan.Ac.Id/Ojs3/Index.Php/Jpp/Article/Download/196/160

Suryatni Gayup, 2020. BAB II Tinjauan Pustaka. Pengertian Faktor-Faktor.

Diunduh Pada 9 Oktober

Alfain, S. N. I., Soleh, A. K., & Yamani, M. R. (2023). The Role Of Patience In Coping Mental Problems: A Quranic Perspective. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 34(2), 195-212.

Https://Ejournal.Uit-Lirboyo.Ac.Id/Index.Php/Tribakti/Article/View/3633

SANDY, C. A. Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art And Mathematics) Melalui Media Loose Parts Di Kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2022-2023.

Https://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/117128

Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 12-20.

Https://Pdfs.Semanticscholar.Org/Bffd/E5b37bd3b829779da149c36f5c4c15026e5b.Pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.