Peningkatan Karakter Empati Siswa Melalui Penerapan Kegiatan Infak di MTSN 1 Bukittinggi

Indah Permata Sari, Puti Andam Dewi, Sudirman S

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitunya bagaimana mengembangkan kepedulian atau empati dari dalam diri yang ditanamkan untuk membantu orang-orag sekitar yang saling membutuhkan. Pendidikan merupakan sarana dalam upaya memanusiakan manusia. Empati dalam dunia pendidikan, merupakan hal yang diperlukan oleh seorang tenaga pendidik dalam menghadapi peserta didik. Dalam menanamkan dan mengembangkan karakter Bangsa lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting dalam peletakan dasar moral dan kepribadian. Sikap empati perlu untuk ditumbuhkan sebagai upaya pencegahan terhadap disintegrasi (perbedaan) yang terjadi di Indonesia. Seperti halnya di dalam hukum Islam dianjurkan oleh Allah SWT bagi hamba-Nya untuk memiliki sifat empati ini yaitunya rasa iba atau kasihan kepada orang lain. Dengan memberikan contoh empati yang baik tentunya dapat membuat sebuah karakter kepedulian tersebut muncul. Salah satu contohnya seperti yang diterapkan oleh MTsN 1 Bukittinggi. Yang dimana sekolah ini menerapkan kegiatan infak setiap hari nya, infak dikumpulkan dan diserahkan kepada salah satu pengurus infak tersebut. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepada penulis dan pembaca tentang kegiatan infak sebagai pembentukan karakter siswa di MTsN 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperoleh data dengan menggunaan metode wawancara dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian penerapan infak memberikan dampak positif terhadap pengembangan karakter empati di MTsN 1 Bukittinggi dalam ranah 1) kognitif, peserta didik sudah mampu memahami perasaan orang lain, 2) afektif, peserta didik sudah mampu menunjukkan sikap kepedulian dengan sesama, 3) psikomotorik, peserta didik mampu mengekspresikan empati mereka dengan merasa senang dan bahagia bisa membantu beban orang lain.

Keywords

Karakter, Empati, Kegiatan Infak

Full Text:

PDF

References

Abdul Majid dan Dian Andayani. “Pendidikan Karakter Perspektif Islam.†(Bandung: PT Remaja Rosda Karya), 2012

Ari Irawan. “Islamic Religion Teaching & Learning Journal†(ATTHULAB: vol 5, no.2). 2019

BIP Tim, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Bhuana Ilmu Populer, 2016)

Haryanto, “Manusia Dalam Terminologi Al-Qur’an,†Spectra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3.1 (2017)

Ida Firdaus: Urgensi Soft Skill. Jurnal TAPIs Vol. 14 No. 01 Januari – Juni 2017

Ira M. Lapindus, “Kamus Umum Bahasa Indonesia,†(Jakarta: Balai Pustaka, 1982), h. 445 Zubaedi, “Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan†(Jakarta: Kencana, 2012)

Muhammad Yaumi, “Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi.†(Jakarta: Prenadamedia Group, 2014)

Stephani Raihana Hamdan, “Kecerdasan Emosional Dalam Al-Qur’an,†SCHEMA: Journal of Psychology Research, 2017

Syamsul Bachri Thalib and M Si, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif (Prenada Media, 2017)

Thomas Lickona, “Character Matters†(Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Padang Tribunnews, 2022-12-29

Wawancara dengan peserta didik kelas IX

Wawancara dengan peserta didik kelas VIII

Zubaedi, “Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan†(Jakarta: Kencana, 2012)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.