Peran Guru PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Sesuai Tajwid Siswa Kelas 9.1 di SMP N 1 Kamang Magek

Sally Marcelina, Hamdi Abdul Karim, Romy Afridona

Abstract

Al-qur’an merupakan kalam Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw yang merupakan pedoman hidup bagi kita umat islam serta bernilai ibadah ketika kita baca. Dalam membaca al-qur’an, kita harus memperhatikan bacaan tersebut agar sesuai dengan hukum tajwid yang berlaku, supaya apa yang kita baca bisa bernilai ibadah dan tidak salah arti juga, karena apabila kita salah dalam membaca al-qur’an maka artinya pun juga akan ikut salah. Jadi, peneltian ini dilatar belakangi dengan adanya ditemukan di SMP N 1 Kamang Magek yang setiap paginya selalu memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an. Akan tetapi, ketika membaca Al-Qur’an masih banyak yang terbata-bata dan belum sesuai dengan hukum tajwid bahkan ada yang belum mengatahui apa itu hukum tajwid. Jadi, tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an agar sesuai dengan hukum tajwid yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode Library Reseach (kajian pustaka) dan Observasi Langsung ke SMP N 1 Kamang Magek. Hasil dari penelitian ini adalah agar peserta didik yang ada di SMP N 1 Kamang Magek, terutama di kelas IX.1 bisa membaca al-qur’an sesuai dengan hukum tajwid yang berlaku serta bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords

Al-Qur’an, Hukum Tajwid, Peran guru PAI.

Full Text:

PDF

References

Abidin, Zainal. 1992. Seluk-Beluk Al-Qur’an. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2007. Amir, Muhammad Amri. 2019. Ilmu Tajwid Praktis. Batam : Pustaka Baitul Hikmah

Harun Ar-Rasyid.

Anggraini. 2016. Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran,1(02).

Astuti, Tini. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 7, Nomor 2.

Chalik, Chaerudji Abdul. 2007. ‘Ulum Al-Qur’an.(Jakarta : Diadit Media. Departemen Agama RI. 2015. Qur’an Hafalan dan Terjemahan.

Fintra, Rendi, dkk. 2021. Jurnal tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran : Pena Cendikia Volume 4, No 2.

Gafur, Abdul, dkk. 2011. Pembinaan Ilmu Tajwid terhadap Anak-Anak di Masjid An-Nuur Kebun Raya OI, : Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) Vol. 1, No.2.

Maritsa, Ana, dkk. 2021. Jurnal tentang Kedudukan Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam : Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 18. No. 2.

Maya, Rahendra. 2017. Karakter (Adab) Guru dan kedudukan guru Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Muhaimin. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mulia, Hadi, dkk. 2017. Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Mengucapkan Makhrijul Huruf Hijaiyah, Jurnal Kepemimpinan dan Pengurus Sekolah, Vol.2, Nomor 1.

Nurhidin, Edi. 2022. jurnal tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Quran Siswa Sekolah Menengah Atas, Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1).

Pramita, M., Jamienti, Alimir, Karim, H.A. (2023). Pembinaan Akhlakul Karimal Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di SMP N 3 Sungai Pua, Kab. Agam. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 3.

Prasmanita, Dea, dkk. 2020. jurnal tentang Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist : Attractive : Innovative Education Journal, Vol. 2, No. 2.

Satriani, Sitti. 2020. jurnal tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’ah, Jurnal Tarbawi Volume 2, No 1.

Usman, Moh. Uzer. 2016. Karakter guru professional. Jakarta : Kencana.

Warohmah, S.N., Ilmi, D., Wati, S., Karim, H. A. (2023). Pengaruh kecerdasaan Interpersonal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 8 Payakumbuh. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Volume 6 No 3.

Yana, Rendi Fitra, dkk. 2021. Jurnal tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran, Pena Cendikia Volume 4, No 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.