Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Matematika di UPT SD Negeri 379 Gresik

Zulfikri Z, Husnul Khatimah, Irmayanti I

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa merupakan kasus khusus bagi guru kelas III. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SD Negeri 379 Gresik dilakukan riset aksi kelas. Tujuan dari riset aksi kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset aksi kelas (anction research), sedangkan metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengujian yang dilaksanakan melalui beberapa sesi yaitu planning (perencanaan), acting (aksi), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Riset aksi kelas ini dilaksanakan melalui 2 siklus revisi pendidikan dengan menggunakan sistem siklus. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran Discovery Learning di kelas III UPT SD Negeri 379 Gresik adalah informasi kuantitatif dari hasil yang diperoleh jika jumlah tes adalah 1 (tes sebelum pendidikan model Discovery Learning) sebesar 1.095. Setelah menemukan model pendidikan Discovery Learning. Selanjutnya mencoba tes kedua untuk mencari nilai dengan jumlah 1.210 sehingga terjadi peningkatan sebesar 125. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Matematika di UPT SD Negeri 379 Gresik.

 

Keywords

Discovery Learning, Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References

Amdar, F. F., Putra, J. E. S., & Khaerah, A. (2023). Kesulitan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Dasar. Jurnal Pendidikan Dewantara, 1(2), 75–80.

Ekawati, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Iisiswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 359–372.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan guru pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).

Irmayanti, I., Islamiah, N., & Syarifuddin, S. (2021). Analisis Sosiomatematika Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sdn 224 Palae. JTMT : Journal Tadris Matematika, 1(2), 27–34. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2.482

Mutahharah, A., Sari, F., & Irmayanti, I. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X 2 Uptd Sma Negeri 5 Sinjai Pada Materi Eksponen. Math Educa Journal, 6(2), 171–178.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Yunianti, V. D., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114.

Samsyu, R., Danial, M., & Arsyad, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X Sma Islam Athirah Bone. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 5(2), 464–470.

Yuvita, K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdk Maumere 2. Global Edu, 4(1), 84–94.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.