Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Karanganyar 01

Usman Widianto, Mahendra Putra Prabowo, Nur Indah Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran saintifik yang terintegrasi dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Karanganyar 01, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL yang kami terapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang bagus dan tingkat antusias tinggi saat kegiatan pembelajaran. Sikap antusias dan ingin tahu yang tinggi diperlihatkan siswa ketika kami melakukan penelitian. Dari hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi hak dan kewajiban di mata pelajaran pendidikan pancasila. Selain itu, dapat menumbuhkan sikap positif yaitu kerja sama dan sportivitas pada siswa. Siswa tidak hanya belajar dengan cara dan suasana baru tetapi juga berlatih untuk berkolaborasi didalam kelompok sehingga minat belajar siswa dapat meningkat.

Keywords

Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References

Farida, S., & Sandra, M. K. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran PPKn Pada Materi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 1540-1547.

Koroh, T. R., & Ly, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 126-132.

Kusmiati, E., Kusnadi, D., & Latipah, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dalam memahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Dan pemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49-62.

Nofrianto, S., & Dian, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Lokal Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas 2 SD Negeri Tubunaus. Prosiding Hasil Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains Dan Teknologi Kerjasama Antara Universitas Muhammadiyah Kupang Dengan Asosiasi Dosen Kolaborasi Lintas Perguruan Tinggi, 1(1).

Perdana, S. A. (2022). Analisis Kajian Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn).

Ranty, S. (2021). Systematic literature review: model pembelajaran project based learning (pjbl) di sekolah dasar. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 4(2).

Sari, R. P., Zuardi, Z., Reinita, R., & Zikri, A. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 221-227.

Wijayanti, R. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3-227.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.