Implikasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Husnul Khatimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan yang saat ini berlaku, dengan mengkaji implikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari jurnal, e-book, dan internet. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan adalah studi literatur. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dirumuskan dari proses akulturasi budaya nusantara yang telah berlangsung selama berabad-abad. Dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila berfungsi sebagai pedoman atau landasan bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan realitas alam semesta, manusia, masyarakat, bangsa, dan negara mengenai makna hidup dan sebagai landasan bagi bangsa Indonesia untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam hidup dan berkehidupan. Berdasar dari gagasan tersebut, implikasi nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat membawa peningkatan kualitas hidup warga Indonesia dan kehidupan masyarakat yang sejahtera, aman, dan damai.

Keywords

Implikasi, Kehidupan, Nilai-Nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References

Antari, L. P. S., and Liska, L. De. (2020). IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA DALAM PENGUATAN KARAKTER BANGSA. 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Budiman, A., Taufiq, O. H., and Nurholis, E. (2022). Ancaman Intoleransi Terhadap Dasar Negara Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ideologi Wilayah (Studi Di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Periode 2019-2020). 28(3), 372–391.

Herawati, R. (2015). IMPLIKASI SISTEM PENGISIAN KEANGGOTAAN DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA TERHADAP NILAI-NILAI PANCASILA. (4), 393–404.

Ma’rifah, A., Elfitra, L., and Pujiastuti, I. (2021). KEMAMPUAN PENGUASAAN EJAAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ANGKATAN 2018 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG. Student Online Journal, 2(2), 855–866.

Octavian, W. A. (2018). URGENSI MEMAHAMI DAN MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SEBAGAI SEBUAH BANGSA. Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 123–128.

Resmana, M. T., and Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485.

Rohim, A. N. (2020). Relevansi Nilai Dasar Bela Negara Dengan Pembayaran Zakat dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi. KETAHANAN NASIONAL, 26(3), 293–307.

Syarifuddin. (2018). PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT ILMU DAN IMPLIKASI TERHADAP PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI. Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 29–41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.