Meningkatkan Pemahaman Materi Kepada Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas IV SDN 1 Kesongo, Kabupaten Semarang

Fatimah Azzahra, Shanti Putri Kirani, Nur Indah Wahyuni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam penerapan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kesongo Salatiga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (action research) penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri. Instrumen yang digunakan berupa wawancara dan tes yang dilaksanakan secara lisan dan tertulis setelah mengaplikasikan media power point, quiziz paper mode dan lkpd. Media interaktif seperti permainan edukatif, video interaktif, atau aplikasi pembelajaran dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Manfaat penggunaan media interaktif adalah kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Misalnya saja permainan edukatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sekaligus memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep kewarganegaraan. Video interaktif juga dapat membantu siswa memahami konten dengan lebih baik melalui visualisasi yang menarik.

Keywords

Media; Interaktif; edukatif

Full Text:

PDF

References

Andarusni Alfansyur, M. (2019). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS ICT “KAHOOT†DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. UNSRI, E-Journal, 6(2), 208-216.

Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture, 88-100.

Kurnia KA, I. K. (2022). Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 2 (2), 82-90.

Qonita Al-Ishmah, S. K. (2023). PERAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI SD. 3 (1).

Rizty Azzahra Sastradipura, D. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. 5(3), 8629-8637.

SISWA, P. P. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEDISIPLINAN SISWA. Jurnal Pendidikan, (1), 63-66.

Sofiah. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (2), 91-99.

T Heru, H. C. (2021). ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGA NEGARAAN. 18(2).

Yulia Nureani Pebriani, D. A. (n.d.). Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.