Pengaruh Pembelajaran Realistik Dalam Meningkatkan Pemahaman Pecahan Siswa Kelas 5 MI Darul Ulum Ngaliyan

Fatma Nur Rahayu, Risfi Aulya Hanni, Istna Syaikhah Hanun, Fatma Nur Rahayu, Sinta Yuni Lestari, Filia Indonesia AHSS, Trimurtini T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif dari penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman siswa pada materi penjumlahan pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari hasil tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Darul Ulum Ngaliyan dengan total 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan terhadap hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan PMRI dan sesudah menggunakan pendekatan PMRI sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan PMRI lebih dibandingkan tidak menggunakan pendekatan sama sekali. Penelitian ini memiliki kontribusi yang penting terhadap pemahaman siswa mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan pendekatan PMRI di sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran realistik yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi pecahan.

 

 

Keywords

Pecahan, Pembelajaran, Matematika.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.