Kajian Literatur Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah

Novita Wulandari, Siti Rukiyah, Missriani M

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pola implementasi pendidikan karakter pada satuan lembaga pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini berwujud artikel, skripsi, buku, dan juga karya tulis ilmiah yang dianalisis berdasarkan tujuan yang telah dirumuskan. Data penelitian berwujud kutipan kalimat yang merepresentasikan fokus penelitian. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik simak-catat. Setelah terkumpul, data dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik interaktif. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter merupakan seperangkat kinerja lembaga pendidikan yang melibatkan berbagai pihak dengan tujuan utama menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada diri peserta didik. Keterlibatan banyak pihak dalam implementasi pendidikan karakter menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan pola implementasi pendidikan yang cukup kompleks dan rumit. Selain itu, pendidikan karakter memiliki tujuan besar, yaitu menjadikan manusia Indonesia sebagai pribadi yang beriman, bertakwa, dan berjiwa pancasila. Oleh karena itu, keterlibatan pihak-pihak di dalamnya menjadi suatu keniscayaan yang harus dijalankan.

Keywords

implementasi, pendidikan karakter, sekolah

Full Text:

PDF

References

Ali., Kristiawan, M., Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.

Dharma, K. (2010). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Koesoema, D. A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: PT Grasindo.

Marlina, A. R., & Wahyuni, W. S. (2020). “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atasâ€. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murni, I. P. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 19 Meulaboh. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 8(2), 111-122.

Siregar, N. B., Sal’aty, H., Purba, N. A., & Gusnirwanda, H. (2022). Pembelajaran Bahasa Dalam Gamitan Pendidikan Karakter Dan Kurikulum Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 373-376

Sugiarti., & Hayati, M. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP NU Tebat Jaya Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2. STKIP PGRI Banjarmasin.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syahroni. (2012). Konsep Pendidikan Karakter. Lampung: Kementriaan Agama Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.