Peningkatan Literasi Melalui Pembelajaran Mengenal Huruf dan Angka di Paud Al- Hidayah Desa Baru

Silvia Permatasari, Anggira Zahra Luthfiya, Bianca Alinna Tsara Rinaldy, Muhammad Rizky Dean, Nisa Nurlitawaty, Rahma Dila, Raznan Hafizan, Sabila Syahasika Wirianti, Siska Aprilia, Tengku Muhammad Atallah Fadhil

Abstract


Literasi pada anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk dasar kemampuan berpikir yang akan memengaruhi perkembangan masa depan seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran mengenal huruf dan angka dalam meningkatkan literasi anak usia dini di PAUD Al-Hidayah Desa Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 30 anak PAUD dengan rentang usia 4-6 tahun sebagai partisipan. Selama melaksanakan penelitian terdapat empat siklus pembelajaran, setiap siklus nya terdiri dari pengenalan huruf dan angka secara bertahap, penggunaan media interaktif, serta kegiatan bermain dan bernyanyi yang mendukung ketertarikan belajar anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes literasi awal dan akhir, serta wawancara dengan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan literasi anak usia dini yang signifikan dengan menerapkan siklus pembelajaran tersebut. Penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan bermain sambil belajar dengan fokus pada mengenal huruf dan angka dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan literasi anak usia dini. Di samping itu, wali kelas sebagai pendukung utama murid PAUD AL- Hidayah Desa Baru memiliki peran krusial dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung interaksi sosial dan eksplorasi anak terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran literasi di PAUD serta lembaga pendidikan sejenis.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui CLT An Action Research. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris, 7(2), 105-116.

Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Muda. (2016). Praktik yang Sesuai Secara Perkembangan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Washington, DC.

Deilani, N. (2021). Pengembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Konsep dan Pendekatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 49(3), 407-418.

Piaget, J. (1969). Psikologi Anak. New York: Buku Dasar.

Smith, J.K., & Johnson, A.B. (2020). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini: Strategi Bagi Pendidik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 45(3), 321-336


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Silvia Permatasar, Anggira Zahra Luthfiya, Bianca Alinna Tsara Rinaldy, Muhammad Rizky Dean, Nisa Nurlitawaty, Rahma Dila, Raznan Hafizan, Sabila Syahasika Wirianti, Siska Aprilia, Tengku Tengku Muhammad Atallah Fadhil

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002