Penyuluhan Masyarakat Desa Paccelekang Melalui Strategi Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan UMKM
Abstract
Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi usaha kecil dan menengah untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Usaha Kecil dan Menengah dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen. Pemasaran digital merupakan sarana utk memperkenalkan produk melalui media digital maupun online. Perkembangan dunia digital saat ini sedang trend dan menjadi kebutuhan di semua kalangan. Faktanya banyak UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam proses pemasaran produk dalam pengembangan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan usaha kecil dan menengah melalui digital marketing untuk memasarkan produk yang lebih luas sehingga penjualan bisa meningkat. Penyuluhan seperti ini perlu lebih sering dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan pemahaman mengenai digital marketing dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat dan mengelola akun media sosial. Di sisi lain, pelaku UMKM harus menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal yang baru, berlaku profesional, dan sabar menunggu hasil sambil terus berkreasi.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Oktiva Dan Supriynto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Periklanan Di Era Industri 4.0?. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitaatif Indonesia. 117-126.
Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.
Fagih,MA; Lukmn, HM; Ulum, Misbhul; Thoriq H, M; Rozak, Abdul; Aulia M, Ninda; Lailatul B, Fina; Suryaningsih, Sinta; Listia K, Siti; Wulandari, Furita Eka. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelku UMKM di Pedukuhan Ngaseman Melalui Program Kerja Pengenalan Dan Penyuluhn Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pemgabdian Masyarakat. Vol.1, Maret. 425-427.
Kim, H. and Lennon, S. (2001). E-atmosphere, Emotional, Cognitive, and Behavioral Responses. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 14 No. 3, pp. 412-38.
Magrath, V dan Mc Cormick, H. (2013). Marketing Design Elements of Mobile Fashion Retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal. Vol. 17 Issue: 1, pp.115-134.
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.
Riduwan, Iwan Muhammad; Fauzi, Abdurahman; Aisyah, Isah; Susilawati; Sofyan, Iwan. (2019). Penerapan Digitl Marketing Sebagai Peningkatan Pemsaran Pda UMKM Warung ngkringn “WGE†Bandung. Jurnal Abdimas BSI. Vol.2 No. Februari. Hal 37142.
Selviyanti, E., Febriyatna, A., & Agustin, F. (2023). Penyuluhan Dan Pelatihan Digital Marketing Guna Memperluas Pangsa Pasar UMKM Akrab Jaya. 5th National Conference for Community Service (NaCosVi), 13–19
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8276085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Harti Oktarina, Moh. Mulyadi Prasetyo, Muh. Anas, Herlina H, Sitti Hajar Aswad
E-ISSN :2986-7002