Pelatihan Game Online Matematika Bagi Fasilitator di Sanggar Bimbingan Malaysia
Abstract
Program pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan keterampilan terkait game online di website www.mathgametime.com kepada para fasilitator di Sanggar Bimbingan di Selangor, Malaysia. Dengan permasalahan guru SD di Sanggar Bimbingan kurang terbuka tentang penggunaan game online dalam pembelajaran Matematika dan kurangnya keterampilan fasilitator di kelas dalam menggunakan game online dalam pembelajaran Matematika. Program pengabdian di kelas diikuti oleh 11 fasilitator dari 3 Sanggar Bimbingan. Sebelum pengabdian ini dilakukan, ada berbagai persiapan yang dilakukan mulai dari meminta izin fakultas, meminta izin dari mitra, dan kemudian mempersiapkan kebutuhan lebih lanjut kegiatan. Program pengabdian ini dilakukan secara online dan offline serta secara klasikal dan privat karena jarak ke sekolah cukup jauh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, N., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Video Youtube Pada Pembelajaran Tematik Saat Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik. Edutainment, 9(2), 108-117.
Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran IPS Jenjang MI/SD di Platform Youtube pada Materi Keragaman Agama di Indonesia. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57-69.
Azmi, C., Fauzan, A., & Zainil, M. (2022). Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa di SD Negeri 19 Kuamang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9000-9004.
Fadillah, K. R., Marmoah, S., & Hadiyah, H (2021). Analisis dampak pembelajaran matematika berbantuan media youtube terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar selama social distancing. Didaktika Dwija Indria, 9(5).
Septantiningtyas, N., & Hafidzah, U. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Youtube; Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 5801-5808.
Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31-42.
Sinta, L. N., & Wiratsiwi, W. (2021). pengembangan media game duba adventures berbasis powerpoint materi bangun datar untuk siswa kelas iv sekolah dasar: Studi Kasus di SDN Sukoharjo. Prosiding SNasPPM, 6(1), 293-302.
Umadah, R. Z., Trisnantari, H. E., & Manab, A. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Berbasis Media Online pada Mata Pelajaran IPS di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD Negeri 1 Jabalsari Kec. Sumbergempol Kab. Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5781-5786.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8266030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhroji M, Nadia Putri Rahmawati, Umi Na’imah Apriani, Muhamad Taufik Hidayat
E-ISSN :2986-7002