Pendampingan Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Permainan
Abstract
Pembelajaran yang menyenangkan dengan permainan membuat suasana belajar berbeda dengan sebelumnya yang hanya duduk manis di dalam kelas mendengarkan, dengan permainan belajar sekaligus bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Sehingga guru perlu merencanakan pembelajaran yang memiliki tujuan dan proses belajar dominan ke peserta didik yang lebih aktif dan senang, jika dalam proses belajar sudah menyenangkan maka hal itu sudah berhasil karena lebih mengembangkan potensi peserta didik. Guru sering kali dalam menyampaikan materi dengan ceramah tanpa bantuan media ataupun alat perantara lain seperti permainan agar dalam proses pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa menerima dengan mudah tanpa adanya paksaan. Selain itu juga minimnya media yang di sediakan di sekolah sebagai penunjang proses pembelajaran. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada guru dalam membuat kreasi proses pembelajaran yang menyenangkan dapat dengan media dari bahan yang ada di sekitar dan dapat memberikan semangat kepada peserta didik dalam proses belajar dengan adanya bantuan media. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah dengan menggunakan metode kegiatan berupa pendekatan dalam bentuk pendampingan. Mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pendampingan ini salah satu hal yang baru sehingga dapat memberikan contoh pembelajaran yang menyenangkan berbasis permainan yang dapat diterapkan nantinya. Pembelajaran yang menyenangkan juga tidak perlu membutuhkan bahan yang mahal, dapat memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23.
Indrawati, L. (2021). Penggunaan Permainan Go Back Slodor Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Uptd Sd Negeri Tunjung 1 Kecamatan Burneh. Jurnal Pendidikan Lampu, 7(2), 30–36.
Maghfiroh, E., & Arifin, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Memudahkan Pembelajaran IPA Terhadap Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 213–231.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314–321.
Widiantari, N. K. (2022). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Permainan Rakyat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3).
Wiratmoko, D. (2023). Penerapan Metode Permainan Tradisional Bentengan Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Jaring-Jaring Makanan Pada Pembelajaran Ipas Sd Kelas 5 Sdn Oro-Oro Ombo 02 Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 379–405.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8263923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Ngazizah, Zahdinny Mucharina Fadhillah
E-ISSN :2986-7002