Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Authentic Assesment Dalam Pembelajaran
Abstract
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilatarbelakangi dari kondisi guru-guru di SMP Swasta Dharma Putra Medan yang dominan berlatar non kependidikan sehingga membutuhkan pelatihan untuk menyusun instrumen Asesment Autentik. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yaitu melalui penyampaikan makalah dan workshop. Proses pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memakai metode penyampaian makalah tatap langsung, diskusi, dan dilanjutkan pendampingan menyusun instrumen autentik. Masyarakat mengikuti kegiatan dengan antusias, ditunjukan dengan keaktifan peserta dalam diskusi ketika penyampaian makalah dan juga penyusunan intrumen. Solusinya adalah dengan memaksimalkan grup wa dan memberikan rekaman video kegiatan. Adapun manfaat dari kegiatan ini guru-guru di SMP Swasta Dharma Putra Medan dapat menyusun intrumen autentik dengan baik sesuai mata pelajaran yang diampu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W. (2003). Classroom Assessment: Enhancing the Quality of Teacher Decision Making. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Azwar, S. (2007).Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2009).Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2011).Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bagnato, S.J. (2007). Authentic Assessment for Early Chilhod Intervention. New York: The Guilford Press.
Djaali & Muljono, P.(2008). Pengukuran dalam BidangPendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hayat, B. (1997). Manual ITEM and TEST ANALYSIS (ITEMAN). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta: Puspendik.
Johnson, R.L., Penny, J.A., & Gordon, B. (2009). Performance Assessment: Designing, Scoring, and Vaidating Performance Task. London: The Guilford Press.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Permendikbud No 81 A tahun 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud No 57 tahun 2014. Kurikulum 2013 di Sekoah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.
Popham, W.J. (1995) Classroom Assessment, What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.
Van Blerkom, M.L. (2009). Measurement and Statistiucs for Teacher. New York: Routledge.
Zulaikha, R. (2010). Analisis Soal Secara Manual. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Puspendik
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8232609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Darwan Tanady1
E-ISSN :2986-7002