Pelatihan Literasi Digital, Bahasa Inggris dan Keuangan Bagi Siswa SMK
Abstract
Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi (skill) untuk menerima, memahami dan mengelola informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Memilliki literasi yang baik artinya memiliki kemampuan untuk mengalisis, mengevaluasi data dan informasi yang diterima dengan baik. Memiliki pengetahuan dalam membaca berbagai informasi bermanfaat, mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca, memberikan penilaian kritis terhadap informasi tersebut. Pada era industri 4.0 mau atau tidak mau, waktu mengharuskan setiap individu untuk belajar dan mengasah kemampuan literasi agar mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Namun faktanya Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2019 meliris informasi berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah dengan menempati peringkat ke 62 dari 70 negara. Tidak terkecuali pada pelajar yang berada di daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Data menunjukan bahwa minat baca pelajar di daerah ini masih sangat rendah. Dalam PKM ini tim memfokuskan pada tiga tingkatan literasi yaitu digital, bahasa dan keuangan. Dimana ketiga hal ini sangat dibutuhkan apalagi untuk tingkatan pelajar yang ada di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) yang diharapkan setelah tamat sekolah bisa langsung terjun ke dunia pekerjaan. Dalam literasi digital siswa dilatih untuk membuat personal website (blog) untuk wadah bagi peserta didik dalam mengepresikan diri dalam berbagai karya, tugas sekolah atau hobby lainnya sehingga mereka mampu menggunakan teknologi untuk hal yang lebih bermanfaat. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang literasi digital, bahasa dan keuangan. Hal itu terlihat bahwa siswa sudah mampu membuat lamaran pekerjaan, mimiliki perencanaan keuangan sederhana dan sudah memiliki akun blog dengan beberapa konten tulisan mereka sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial services review, 7(2), 107-128.
Hasanah, U., Silitonga, M., & Manullang, T. (2019). Implementasi Metode" TATAP" dalam Meningkatkan Pengetahuan Literasi Keuangan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 18(3), 219-228.
Mendari, AS dan Kewal, SS. 2013. Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE MUSI. Jurnal Economia. Vol. 9 No. 2. Hal 130-140. OECD. (2019). “PISA 2018 Science Frameworkâ€, in PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Http://Www.Oecd.Org/, 97–118.
Sihombing, Grace Lamudur A (2019), Aplikasi Komputer Pada Pembelajaran Teknologi dan Literasi Informasi, Tarutung: IAKN Tarutung Press.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8232478
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Devia Febrina, Tina Linda, Duffin D, Albert A, Susamto S
E-ISSN :2986-7002