Penggunaan Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar di SMA Bhayangkari 1 Medan
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu memberikan arahan kepada anak-anak SMA Bhayangkari 1 Medan  mengenai manajemen waktu terhadap peningkatan prestasi belajar serta membuka paradigma mengenai dampak buruk media sosial tanpa manajemen waktu yang baik terhadap prestasi belajar. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap surveiyaitu sosialisasi dilakukan dengan menyusun berbagai hal yang akan disampaikan pada saat kegiatan pengabdian yang akan dilakukan yang meliputi: penyusunan materi yang akan diberikan, penyusunan jadwal pemberian materi, pembagian tugas tim pengabdian dan survei ke lokasi pengabdian. Tahap sosialisasi yaitusebelum kegiatan pengabdian dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan tahap sosialisasi yaitu melakukan silaturahmi dengan pihak sekolah, menyampaikan maksud dan tujuan pengabdian ini. Pada tahap ini juga dilakukan jalinan kerjasama dan menentukan jadwal kegiatan pengabdian. Tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah dosen di bidang ekonomi. Tim pengabdian memberikan materi tentang Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar di SMA Swasta Bhayangkari 1 Medan. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah para siswa belum memahami dengan baik mengenai manajemen waktu dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu para siswa mengaku bahwa lebih banyak menghabiskan waktu belajarnya untuk mengakses sosial media yang tidak berhubungan dengan pendidikan. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan bagi para siswa bahwa manajemen waktu dalam peningkatan prestasi harus dilakukan sejak dini dan dilakukan dengan disiplin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Endang Sri Astuti dan Resminingsih., (2010). Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid 1.Jakarta: Grasindo
Hakim, Thursan., (2008). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Marc Mancini. 2003. Time Management, McGraw-Hill Companies, Inc.United States of America.
Paridah. 2019. Pola Pengelolaan Waktu Dan Hasil Belajar Siswa Yang Sekolah Sambil Berkerja.Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 8, No 3 (2019): Maret 2019.Universtitas Tanjung Pura.
Risfandi, (2014). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP PS Kartika XX-Kendariâ€. Universitas Halu Oleo (Http://ojs.uho.ac.id). Diakses pada tanggal 9 Maret 201
Veta Lidya Delimah Pasaribu, Risza Putri Elburdah, Eko Sudarso,Gina Fauziah.2019. Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMA.
Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Vol. 1,No.1, Agustus 2019, Hal (84-91).Universitas Pamulang
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8232425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Edward Harnjo, Eddy Gunawan, Javerson Simamora, Sri Aprianti Tarigan, Erni Dewi Munte
E-ISSN :2986-7002