Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru SMP Maarif 10 Bangun Rejo
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebuah penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Akan tetapi pada prakteknya, masih banyak guru yang kesulitan dalam membuat laporan PTK. Sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut maka diadakanlah Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru SMP Maarif 10 Bangun Rejo. Tujuan dari program pengabdian ini untuk membantu guru-guru dalam menyusun dan membuat karya tulis ilmiah khususnya PTK. Hasil akhir dalam pelatihan ini diperoleh data bahwa adanya peningkatan pengetahuan  pelaksanaan  model  pembelajaran,  analisis,  dan  mampu  menghasilkan produk PTK
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Penelitain Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia:Open University Press.
Madya S. (2007). Penelitian Tindakan (Action Research). Yogyakarta: Alfabeta.
Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Ganding Pustaka.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Syafaruddin, Sipiono & Burhanuddin. 2019. Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Deepublish
Wardani, I.G.A.K, Wihardit dan Nasoetion. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8205613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ozi hendratama
E-ISSN :2986-7002