Workshop Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru SMP Maarif 10 Bangun Rejo

Ozi Hendratama, Wayan Satria Jaya, Alvina Dewi, Apriandi A

Abstract


Penelitian  Tindakan  Kelas (PTK) adalah sebuah penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Akan tetapi pada prakteknya, masih banyak guru yang kesulitan dalam membuat laporan PTK. Sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut maka diadakanlah Workshop Penulisan  Penelitian Tindakan  Kelas Pada Guru-Guru SMP Maarif 10 Bangun Rejo. Tujuan dari program pengabdian ini untuk membantu guru-guru dalam menyusun dan membuat karya tulis ilmiah khususnya PTK. Hasil  akhir  dalam  pelatihan  ini  diperoleh  data  bahwa  adanya  peningkatan pengetahuan   pelaksanaan   model   pembelajaran,   analisis,   dan   mampu   menghasilkan produk PTK

 


Keywords


Workshop, PTK, Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Penelitain Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia:Open University Press.

Madya S. (2007). Penelitian Tindakan (Action Research). Yogyakarta: Alfabeta.

Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Ganding Pustaka.

Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Syafaruddin, Sipiono & Burhanuddin. 2019. Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Deepublish

Wardani, I.G.A.K, Wihardit dan Nasoetion. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8205613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ozi hendratama

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002