Peningkatan Kualitas Produk dan Akses Pasar Rengginang Weamommy
Abstract
Rengginang adalah makanan ringan berbahan dasar beras yang berbentuk kotak dengan diameter 4-6 cm, memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah. Selama ini UMKM rengginang nenek Kesya mengalami kesulitan dalam meningkatkan jumlah produksinya, hal itu dikarenakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi rengginang masih sederhana. Masalah selanjutnya adalah masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui produksi rengginang pada nenek Kesya. Metode pendampingan yang dilakukan terhadap usaha  rengginang pada nenek Kesya terdiri dari tiga aspek yakni pendampingan aspek produksi, aspek pengemasan dan aspek manajemen usaha dan pemasaran. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa usaha rengginang weamommy memeiliki pasar yang potensial diperoleh pengembangan usaha rengginang dari rasa original menjadi rengginang rasa kacang. Daya tahan produk dapat dicapai dengan menggunakan kemasan plastik yang mempunyai perekat. Selanjutnya jangkauan akses pasar dapat ditingkatkan melalui strategi pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kadeni, & Srijani, N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Surya, A. (2021). Analisis Faktor Penghambat Umkm Di Kecamatan Cileungsi. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 342–350. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i2.354
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8191451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Novi Maryam Lempao, Mikhael Jibrael Balo, Sanny Feria Juliana, Anjelina mamase, Gratesia Langkamuda, Siti Haja Ngasa, Yanfani Y, Ismael Bitibalyo
E-ISSN :2986-7002