Penerapan Media Pembelajaran Direct Method Dalam Komunikasi Bahasa Inggris Menggunakan Perangkat Multimedia di SMAN 1 Prabumulih
Abstract
Kegiatan PKM ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Media Pembelajaran Direct Method Dalam Komunikasi Bahasa Inggris Menggunakan Perangkat Multimedia di SMAN 1 Prabumulih untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih keterampilan berpikir Interactive siswa SMA. Kelayakan perangkat diukur dari validitas, kepraktisan dan efektivitas. Validitas perangkat dilihat dari penilaian ahli media dan ahli materi. Kepraktisan perangkat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran, respon dan minat siswa. menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbahasa inggris. Dengan demikian, kegiatan ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis inkuiri yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa dalam membaca Bahasa Inggris.
Full Text:
PDFReferences
Burhan Nurgiyantoro. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE, 2001.
Brown, Douglas H.. Language Assessment, Principle and Classroom Practices. San Francisco: Longman, 2004
Depdikbud. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 1996.
Erwinandari, 2013. Direct Method. Jakarta: Percetakan Terang.
Henry Guntur Tarigan, dkk. Membaca dalam Kehidupan, Edisi Revisi. Bandung: Angkasa, 2011. Ibadullah Malawi, dkk.. Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal, Edisi 1. Cet. 1. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika, 2017.
Iskandarwassid dan Sunendar D.. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Sabarti Akhadiah dkk.. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1992/1993.
Supriyadi. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Universitas Terbuka, 1992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuspar Uzer, Yusvernandes Uzer, Marleni M, Herlina H, Ferry Hidayat
E-ISSN :2986-7002