Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Melalui Teknik Pembelajaran ‘Story Mapping’ Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kawasan Pariwisata Teluk Tomini

Magvirah El Walidayni Kau, Sri Agriyanti Mestari, Sri Rumiyatiningsih Luwiti

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan membaca siswa melalui pembelajaran membaca kritis. Hal ini memberikan manfaat yang berharga bagi siswa yang berada di kawasan wisata pantai. Melalui pembelajaran dalam pengabdian ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang keberlanjutan lingkungan, dampak sosial dan ekonomi industri pariwisata pantai, serta mengembangkan keterampilan kritis dalam menganalisis teks-teks yang relevan. Selain itu, pembelajaran membaca kritis juga merangsang minat dalam penelitian dan advokasi, memungkinkan siswa menjadi agen perubahan yang sadar dan berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta mempromosikan praktik pariwisata yang bertanggung jawab di kawasan wisata pantai. Peserta yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah Masyarakat sekitar yakni remaja dan anak-anak yang berlokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri No. 1 Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dengan durasi waktu 90 menit. Kegiatan pengabdian ini membantu masyarakat kawasan wisata untuk dapat mengelola kawasan pariwisata dan dapat melayani pengunjung baik local maupun asing dengan baik.

Keywords


membaca kritis, story mapping

Full Text:

PDF

References


Anton Trifonas & Peter Michael Appelbaum. (2020). Revisiting Vygotsky's theory in contemporary education

Cross, R. (2018). Story Mapping and Its Role in EFL Classrooms. Journal of Language Learning and Teaching.

Gorjian, B., & Alipour, N. (2021). Story Mapping as an Effective Strategy in Enhancing Writing and Reading Comprehension Skills in EFL Learners. International Journal of English Language and Literature Studies.

Kim, Y., Park, C., & Kim, M. (2021). The Effectiveness of Story Mapping on Reading Comprehension Skills: A Meta-Analysis. Reading Research Quarterly, 56(3), 375-394.

Koçak, D., & Aslan, E. (2021). The Role of Songs in Enhancing Foreign Language Skills. Journal of Language and Education Research.

Wagoner, Brady & Gillespie, Alex. (2021). Extensions of Bartlett’s schema theory in modern cognitive psychology

Zengin, B., & Aksu-Ayhan, C. (2020). Using Songs in EFL Classrooms: Addressing Motivation and Language Acquisition. International Journal of English Linguistics.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13859556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Magvirah El Walidayni Kau

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002