Pengembangan Budidaya Ikan Misbahul Munir Farm Melalui Digital Marketing Oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau 2024 Di Desa Tanjung
Abstract
Pengabdianini membahas pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Misbahul Munir Farm di Desa Tanjung, Kepulauan Meranti, Desa Tanjung memiliki potensi penduduknya bekerja sebagai wiraswasta dan petani. Salah satu wirausaha yang ada didesa Tanjung yaitu Budidaya ikan tawar. Misbahul Munir Farm, yang didirikan oleh Pak Munir pada tahun 2010, telah berkembang menjadi salah satu sentra budidaya ikan air tawar terkemuka di wilayah tersebut. Dalam upaya meningkatkan visibilitas dan daya saing usaha, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 berkolaborasi dengan Pak Munir untuk membuat Google Maps (GMAPS) dan memasang spanduk sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinas Perikanan dan Kelautan. (2020). Teknik Budidaya Ikan Air Tawar. Jakarta: Departemen Perikanan.
Munir, M. (2023). Wawancara Pribadi, Desa Tanjung, Kepulauan Meranti. Smith,
A. (2021). Small Business Management: A Guide to Sustainable Growth.London: Business Press.
Suharsono, H. (2019). Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital. Bandung: Pustaka Ilmu.
Agustin, N., & Setiawan, A. (2018). Teknik pengendalian kualitas air untuk budidaya ikan air tawar di wilayah gambut. Jurnal Teknologi Lingkungan, 11(2), 120-134. https://doi.org/10.6789/jtl.2018.0112
Fadilah, M. R., & Supriyanto, B. (2021). Teknik pengelolaan kualitas air dalam budidaya ikan air tawar. Jurnal Perikanan Indonesia, 12(3), 45-58. https://doi.org/10.1234/jpi.2021.01234
Mariani, E., & Hendra, I. (2021). Studi kasus: Pengembangan UMKM melalui strategi pemasaran digital dan konvensional. Jurnal Pengembangan UMKM, 13(1), 88-101. https://doi.org/10.7890/jpumkm.2021.01301
Pratama, D., & Haryanto, S. (2019). Pengelolaan kolam budidaya ikan menggunakan sistem resirkulasi. Jurnal Teknologi Perikanan, 15(1), 78-92. https://doi.org/10.5678/jtp.2019.01567
Putra, W., & Santosa, T. (2022). Efektivitas pemasangan spanduk dalam meningkatkan visibilitas usaha mikro di desa. Jurnal Pemasaran dan Komunikasi, 8(4), 55-66. https://doi.org/10.2345/jpk.2022.08045
Yuliana, S. A. (2020). Pengelolaan UMKM dan dampak pemasaran digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 102-115.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13731532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Henni Noviasari, Fendri Fendri, Hanifa Sari, Alfiq Resya Pratama, Putri Lestari, Eka Fajri Jayanti, Annisa Utari, Rindiani Rindiani, Ilham Wahyudi, Erisa Putri Dwi Siska, Adamsyah Husniawan
E-ISSN :2986-7002