Menuju Lingkungan Sekolah yang Lebih Aman Melalui Sosialisasi Anti-Bullying di Sekolah MTs Ti Desa Koto Lubuk Jambi
Abstract
Interaksi sosial yang berlangsung sejak masa kanak-kanak hingga dewasa memegang peranan penting dalam pembentukan karakter individu. Namun, dalam proses ini, seringkali terjadi penurunan nilai-nilai moral yang mengarah pada perilaku negatif seperti bullying. Penelitian ini berfokus pada tindakan preventif terhadap bullying di Sekolah MTs Ti Koto Lubuk Jambi melalui program sosialisasi anti-bullying yang dilaksanakan oleh kelompok pengabdian masyarakat Kukerta Universitas Riau. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bullying, dampaknya, serta cara pencegahannya kepada siswa. Metode yang digunakan termasuk observasi lapangan, penyusunan materi edukasi, serta pelaksanaan sosialisasi melalui pemaparan materi, sesi sharing, dan kegiatan interaktif seperti permainan dan kuis. Temuan menunjukkan bahwa meskipun siswa menunjukkan antusiasme, mereka masih memiliki keterbatasan dalam berpartisipasi aktif. Sosialisasi ini berhasil memberikan informasi yang berharga dan mendorong kesadaran tentang bullying, namun tantangan tetap ada dalam meningkatkan keberanian siswa untuk berpartisipasi lebih aktif. Program ini menekankan pentingnya pencegahan bullying dengan melibatkan seluruh pihak terkait dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung. Kegiatan ini memberikan wawasan berharga mengenai cara efektif untuk menangani dan mencegah bullying di lingkungan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adilla, N. (2009). Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama. In Kriminologi Indonesia (Vol. 5, pp. 56–66). https://media.neliti.com/media/publications/4253-EN-pengaruh-kontrol-sosial-terhadap-perilaku-bullying-pelajar-di-sekolah-menengah-p.pdf
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Dwiningrum, S.I.A & Purbani, W. (2012). Manusia Berkarakter dalam Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Kependidikan, 42(1), 76–88.
Empati, J., Hanitis, P. M., & Setyawan, I. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Sekolah Dengan Intensi Bullying Pada Siswa Sd Islam X. Empati, 4(1), 134–141.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.13832718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nofrizal Nofrizal, El Ratsontha Simorangkir, Akbar Aldy Ardyansyah, Anisah Tri Ulya, Bunga Salsabila, Haura Azizah, Ibnu Adzani, Ibrena Joycellin Sanova Sitepu, Muhammad Ilhamdi, R. Hardella Anugraini, Rihan Rihan
E-ISSN :2986-7002