Efektivitas Fun With English Dengan Metode Role Play Dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Sasaran dari kegiatan ini adalah 27 siswa kelas 7 (tujuh) SMP Negeri 3 Satu Atap Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo. Dalam kegiatan ini, para siswa dilatih melalui penerapan pendekatan Fun with English yang menarik dan interaktif bagi siswa. Teknik yang digunakan dalam pengajaran keterampilan berbicara yaitu role play atau bermain peran. Dengan pelaksanaan kegiatan ini, keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa meningkat secara signifikan. Selain itu, motivasi belajar dan rasa percaya diri mereka juga bertambah, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdollah, Ahdan, and Sulastri. 2023. “Pelatihan English Speaking Skill Melalui Metode Fun Learning Bagi Siswa Madrasah Aliyah Pesantren Mizanul Ulum.” Madaniya 4(4):1915–21.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Azizah, Nur. 2022. “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Menguasai Congratulations Expressions.” Educatif : Journal of Education Research 4(103):121–31.
Badu, Helena, Magvirah El, Walidayni Kau, Irmawaty Umar, Nurlaila Husain, Wirahmi Bay, Sri Widyarti Ali, Fahria Malabar, and Hendra Uloli. 2023. “Pembelajaran Menyenangkan Sebagai Upaya Memberdayakan Potensi Dan Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SDIT Qurratu A’yun Kota Gorontalo.” Jurnal Pengabdian Teknik Industri 2(1):7–11.
Harningsih, Lilis Sri. 2023. “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IXC Di SMP Negeri 2 Temanggung Menggunakan Record Role Play Presentation Pada Materi Teks Prosedur.” SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah 3(1):89–93.
Husni, Rauldatul, and Erva Nuri Saputri. 2023. “Kesulitan Siswa SMP Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research 3(3):8046–52.
Karmila, Neni. 2023. “Penerapan Role Play Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX SMP Negeri 1 Bonjol.” PEDAGOGIKA: JURNAL ILMU-ILMU KEPENDIDIKAN 3(2):231–37.
Mulyasa, Enco. 2006. Menjadi Guru Yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Nugraha, Lasmi Sepiyanti, Faridah, Sabaruddin, and Atmarani Dewi Purnama. 2022. “Kelas Praktis English Public Speaking.” PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):1–5.
Nurfitriani, Meiliana, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Anggia Suci Pratiwi, Budi Hendrawan, and Mohammad Fahmi Nugraha. 2020. “Program English Fun Activities Untuk Mengembangkan Speaking Skills Siswa SDN Sukamulya.” JURNAL ABDIMAS UMTAS 3(2):255–63.
Solo, Lenny, A. E. Yon, Leroy Holman Siahaan, Dini Hidayati, Ika Chairiyani, Yanti Rusmiati, and Iswandini Agustin. 2024. “Fun English with Games to Improve Competence Speaking English Students at SDIT Assalam Green School , Cileungsi , West Java.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF) 3(1):11–18.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.12702964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indri Wirahmi Bay, Helena Badu
E-ISSN :2986-7002