Strategi Membangun Novelty dalam Karya Tulis Ilmiah

Adriansyah Abu Katili, Muzdalifah Mahmud

Abstract


Tulisan ini berisi kegiatan dan materi kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang diadakan pada tanggal 5 Mei 2023. Penyelenggara kegiatan adalah SMP Negeri 2 Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Peserta kegiatan adalah pata guru, baik yang berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara maupun dari luar Kabupaten Gorontalo Utara. Materi Kegiatan adalah ”Strategi Membangun Novelty dalam Karya Ilmiah”. Kegiatan ini didadasrkan pada fenomena di mana para guru diminta membuat karya tulis ilmiah, baik dalam bentuk lapoan penelitian tindakan kelas mauoun artikel ilmiah. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuki penyajian materi oleh penulis dan tanya jawab. Dalam penyajian penulis menjelaskan hakekat novelty dan pentingnya novelty. Novelty adalah temuan terbaru dalam karya tulis.pentingnya novelty adalah untuk memajukan pemikiran ilmiah dan syarat dimuatnya artikel dalam jurnal terakreditasi. Hasil kegiatan adalah dalam bentuk jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek adalah para guru memiliki pengetahuan yang memadai tentang novelty. Hasil jangka panjang adalah diharapkan para guru nanti bisa membuat novelty.


Keywords


Novelty; Artikel; Jurnal; Ilmiah;

Full Text:

PDF

References


Jeon, Daeseong, Junyoup Lee, Joon Mo Ahn, and Changyong Lee. 2023. “Measuring the Novelty of Scientific Publications: A FastText and Local Outlier Factor Approach.” Journal of Informetrics 17 (4). https://doi.org/10.1016/j.joi.2023.101450.

Katili, Adriansyah A. 2021. “Discourse Analysis on Classroom Interaction.” Gorontalo: State University of Gorontalo.

Noor, Munawar. 2021. “Novelty/Kebaruan Dalam Karya Tulis Ilmiah Skripsi/Tesis/Disertasi.” MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang 18 (1). https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.2164.

Otoluwa, Moon Hidayanti, and Adriansyah Katili. 2023. Filsafat Ilmu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Sari, Nur Zeina Maya. 2018. “Analisis Kebaruan (Novelty) Dalam Metode Penelitian Akuntansi.” ResearchGate 1 (December).

Shin, Hyunha, Keungoui Kim, and Dieter F. Kogler. 2022. “Scientific Collaboration, Research Funding, and Novelty in Scientific Knowledge.” PLoS ONE 17 (7 July). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0271678.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adriansyah Abu Katili

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002