Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik di SD Inpres Megapura Distrik Asolokobal
Abstract
Saat ini kegiatan UKS belum sepenuhnya berjalan secara maksimal di berbagai sekolah dasar yang ada di Papua, termasuk di kabupaten Jayawijaya. Hasil data satuan pendidikan (Dikdas) kab. Jayawijaya tahun 2023 terdapat 134 sekolah dasar yang berada di kabupaten jayawijaya. Tiga diantaranya terletak di distrik Asolokobal, dan salah satunya adalah SD Inpres Megapura. Berdasarkan hasil data observasi awal di Sekolah Dasar Inpres Megapura bahwa UKS belum sepenuhnya terbentuk karena masih kurangnya informasi tentang UKS dan program-programnya. Namun sebelum kegiatan PKM ini, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat sudah mulai dilaksanakan meskipun belum mencapai tingkat maksimal dikarenakan belum terbentuk atau aktifnya program UKS akibat dari kurangnya sosialisasi UKS di sekolah dan kegiatan pelatihan Pembina UKS. Oleh karena itu, sangat penting untuk dilakukan suatu intervensi dalam mendukung pembentukan UKS di SD Inpres Megapura diantaranya yaitu sosialisasi tentang program-program UKS (Trias UKS), sarana prasarana dalam UKS serta dapat juga dilakukan pelatihan/penyuluhan tentang program-program UKS misalnya penyuluhan tentang PHBS dan simulasi dokter kecil. Pada masalah pelaksanaan SDM solusi yang disepakati adalah membentuk pengurus UKS, pelaksanaan praktik dokter kecil dengan pendampingan, pemberian materi tentang penanganan pertama atau pertolongan pertama pada kecelakaan ringan ketika terjadi di lingkungan sekolah serta pemberian informasi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa secara umum mitra menyambut baik kegiatan PKM ini. Selain itu, setelah kegiatan PKM dilakukan sudah terjadi perubahan mendasar pada perilaku hidup bersih dan sehat siswa. Dalam upaya keberlangsungan hidup sehat dan bersih di sekolah subjek PKM, tim PKM menginisiasi pembentukan pengurus UKS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyadi, A. T. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Sekolah Dasar Di Sdn 13 Kolo Kota Bima. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 2020–2023. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4423
Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program UKS dengan Perilaku Hidup dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 3(1), 15–24.
Handayani,R., Novaryatiin ,S., Ardhany, S.D. (2016). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak-Anak. 2(1), 8–13.
Julianti, R., & Nasirun, H. M. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. www.dinkes.go.id
Rahmat, A., Smith, M. Bin, & Rahim, M. (2016). Perilaku Hidup Sehat Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.452
Rochmah, K. N. (2018). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22(7), 2.142-2.153.
Sumiran, R. E., Maramis, F. R. R., Pelealu, F. J. O., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2022). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Di Sd Advent 01 Tikala Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 1(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23066
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10846548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nuriati Sarlota Auparai, Sethiana Dewi Ruben, Rosdiana Tandiola, Kelince Weya, Liska Pasaribu, Ilona Wandik
E-ISSN :2986-7002