Literasi Berinvestasi di Pasar Modal Untuk Investor Pemula Bagi Masyarakat di Kecamatan Anyer

Hadi Peristiwo, Itang I, Asep Dadan Suganda, Muhajiroh M

Abstract


Literasi investasi merupakan kemampuan untuk memahami dan secara efektif menggunakan keterampilan untuk mengelola keuangan. Literasi investasi yang dilakukan secara massif pada sektor pasar modal, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perekonomian nasional. Tujuan dari pengembangan mitra binaan adalah untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelaku usaha di Desa Anyer agar memiliki sumber dana yang cukup untuk persiapan di masa mendatang serta mengembangkan sikap masyarakat kearah terciptanya masyarakat yang melek investasi di pasar modal. Dari hasil kegiatan pengembangan mitra binaan dapat disimpulkan bahwa target yang di harapkan serta diinginkan dari kegiatan berupa literasi berinvestasi pasar modal kepada investor pemula, sebagian besar sudah dapat diterima dengan baik serta kegiatan pengembangan mitra binaan yang telah dilakukan, hasilnya sangat diapresiasi oleh masyarakat dan pelaku usaha di Desa Anyer.


Keywords


Literasi, Investasi, Pasar Modal, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. M. (2020). Manajemen Investasi ddan Portofolio. LPU-Unas.

Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam

Ariadi, R, Malelak, M. I, & Astuti, D. (2015). Analisa Hubungan Financial Literacy dan Demografi Dengan Investasi, Saving dan Konsumsi. Finesta, Vol.3 (1)

Baisa, H., Hendradi, Y. M., & Saputra, K. A. (2018). Membangun Budaya Literasi Masyarakat. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2 (1)

Basae, D. A. C. R., Ella, E., Khairiyah, E. M., Putraseto, R., Salsabillah, R. P., & Mukhlis, I. (2021). Cerdas Berinvestasi di Kala Pandemi. Cahaya Abadi

Buchori, A. (2018). Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Sosial. Omnicom Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.1 (2)

Darmawan, A., & Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Neraca: Jurnal Ekonomi Islam

Dasriyan Saputra. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi Dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.5 (2)

Faidah, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic

Hadiansyah, Firman. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Handini, S., & Astawinetu, E. D. (2020). Teori Portofolio dan Pasar Modal Indonesia. Scopindo Media Pustaka

Herlianto, D. (2013). Manajemen Investasi plus Jurus Mendeteksi Investasi Bodong (Pertama). Gosyen Publishing

Hermawati, N., Rizal, N., & Mudhofar, M. (2018). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal. In Proceedings Progress Conference, Vol. 1

Hidayat, W. W. (2019). Konsep Dasar Investasi dan Pasar Modal. Solo: Uwais Inspirasi Indonesia

Isticharoh, I., & Kardoyo, K. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal

Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Jurnal Ilmiah Neraca FEB-UMPP

Jayengsari, R., & Ramadhan, N. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam

Jogiyanto, H. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh (Tujuh). Jogyakarta: BPFE.

Komaria, R., Hardianti, R. S., & Lestari, W. (2021). Analisis Faktor Pengetahuan, Motivasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi

Kurnia, N. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. Jurnal Teknologi dan Informasi, Vol.3 (1)

Nasrullah, R. (2007). Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nuzula, N. F., & Nurlaily, F. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Investasi. UB Press

Rahmawati, A, Kurniawan, I, & Artisa, R. A. (2020). Membangun Desa Melalui Budaya Literasi. SeTIA Mengabdi –Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 (1)

Rodiyah, F. (2019). Korelasi Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Pelatihan Pasar Modal dan Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Syariah. Jihbiz: Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia

Saputra, R. F., Suyanto, S., & Japlani, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Perkembangan Teknologi Digital Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Akuntansi AKTIVA

Setyawan, Ibnu Aji. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Online: gurudigital.id

Sharpe, W. F, Alexander, & G. J, Bailey, J. (2005). Investasi (Enam jilid). PT INTERMASA

Soetiono dan Setiawan. 2018. Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Indonesia. Depok: Cetakan Ke 1, Rajawali

Suharto & Qudsi, F. (2009). Portofolio Investasi & Bursa Efek. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Tandelilin, E. (2017). Portofolio dan Analisis Investasi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kanisius.

Yetty, F, & Priyatno, P. D. (2021). Literasi Gerakan Gaya Hidup Halal Di Pondok Pesantren Al-Jadid Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2 (1)

Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10574324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadi Peristiwo, Itang I, Asep Dadan Suganda, Muhajiroh M

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002