Pemanfaatan Game sebagai Strategi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak
Abstract
Pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak-anak merupakan langkah krusial dalam membangun dasar kompetensi berbahasa sejak dini. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendekatan inovatif menggunakan permainan (game) sebagai sarana efektif dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Metode ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak-anak, tetapi juga untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan pengabdian melibatkan kolaborasi antara pendidik dan komunitas lokal. Berbagai jenis game edukatif diterapkan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris pada anak-anak usia sekolah dasar. Selain itu, pendekatan ini memperhatikan keberagaman gaya belajar anak-anak, sehingga setiap individu dapat mengembangkan potensinya dengan cara yang paling sesuai baginya. Selama implementasi kegiatan ini, pemantauan terhadap perkembangan kosakata bahasa Inggris anak-anak peserta kegiatan dilakukan. Hasil dari kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan berbahasa anak-anak dalam konteks globalisasi saat ini. Pemanfaatan game dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris bukan hanya sekadar metode belajar, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam mendukung pengembangan potensi anak-anak melalui pendekatan yang inovatif dan menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak-pihak terkait untuk mengadopsi metode serupa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, I Gusti Ayu Mahatma., Skolastika, I Made Perdana., Damayanti, Ni Luh Putu Tarisa., Wisanta, Putu Adri. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1 Penebel. Madani: Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 28-34.
Ameer Bakhsh, Sahar. (2016). Using Games as a Tool in Teaching Vocabulary to Young Learners. English Language Teaching, 9(7). 120-128.
Prawiyata, Yugi Diraga. (2018). Penerapan Guessing Game untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SDN 101808 Candirejo Kecamatan Biru Biru. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 306-311.
Sopiana., Salija, Kisman., Dollah, Syarifuddin. (2023). Effectiveness of Language Games for EFL Vocabulary Mastery of the First Grade Students at Elementary School. Pinis: Journal of Art, Humanity & Social Studies, 3(3), 105-112.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10569082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fahria Malabar
E-ISSN :2986-7002