Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas VI di SD Negeri 99 Bengkulu Selatan Desa Padang Lebar Kecamatan Pino
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat dibutuhkan, terutama dalam mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan melalui karangan, baik fiksi maupun nonfiksi. Bahkan, kehidupan manusia hampir tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menulis. Oleh karena itu, keterampilan menulis harus diajarkan dengan baik kepada Siswa Kelas VI SD sebagai penulis pemula. Para murid di sekolah dasar sebagai penulis pemula harus dibina, dibekali, dan ditempa keterampilan menulisnya sehingga mereka mampu menuangkan ide, pikiran, perasaan, dan gagasan dalam berbagai jenis. Pembinaan keterampilan menulis sejak dini dapat dilakukan mulai dari tingkat sekolah dasar. Tentu saja, model pembinaan keterampilan menulis di sekolah dasar disesuaikan dengan tingkat perkembangan usia, psikologi, dan kategori/tingkat kemampuan menulis. Umumnya, murid di sekolah dasar sebagai penulis pemula mengandalkan kemampuan berpikir yang sederhana sehingga dalam menulis memerlukan teknik khusus
Keywords
Melatih, Menulis, Puisi
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Chairul.2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: SUKA Press.
Munandar dan Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rhineka Cipta
Rachmawati dan Kurniati. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Yeni rahmawati. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10537240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Loliek Kania Atmaja, Ajat Manjato, Jelita Zakaria, Mahdijaya Mahdijaya, Yanti Paulina, Eli Rustina, Sakroni Sakroni
Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia
E-ISSN :2986-7002