Penguatan Skill Berwirausaha UMKM dengan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Social Media di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar
Abstract
Motivasi pengabdian masyarakat ini adalah belum optimalnya UMKM keterampilan bambu dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Berdasarkan kondisi obyektif yang ditemukan pada saat pengkajian, peneliti menemukan beberapa permasalahan yaitu belum maksimalnya pemasaran pada sebagian besar UMKM keterampilan Bambu yang ada dikelurahan Kepanjen Kidul. Fenomena ini diakibatkan karena kurangnya kemampuan aparat setempat dalam melakukan penguatan UMKM dan kurangnya skill berwirausahan pada UMKM kerajinan bambu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumenter dan penelitian lapangan berupa observasi dan wawancara. Kendala dalam penguatan skill berwirausaha UMKM kerajinan bambu di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar antara lain: (1) terbatasnya skill kewirausahaan dan terbatasnya pengetahuan kelurahan Kepanjen Kidul dalam memasarkan produk kerajinan bambu secara online, (2) terbatasnya pengetahuan dalam mendesign logo produk yang menarik (3) rendahnya kesadaran UMKM kerajinan bambu yang enggan membandingkan dengan UMKM kerajinan bambu didaerah lain, (4) lemahnya media informasi dalam mengetahui perkembangan pasar dan, (5) lemahnya UMKM dalam membuat video pemasaran yang menarik dan berkualitas. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut antara lain: (1) merancang dan menetapkan kegiatan penyuluhan dalam meningkatkan skill kewirasusahaan melalui pelatihan pemasaran secara online, (2) memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya UMKM kerajinan bambu agar dapat mendesign logo UMKM secara mandiri (3) mendampingi UMKM kerajinan bambu melakukan perbandingan perkembangan pasar dengan daerah lain dalam hal pemasaran digital melalui media social sehingga mempengaruhi keberlanjutan bisnis, (4) mendampingi dan membantu otoritas kelurahan meminta informasi dari badan atau badan legalitas dan segera menginformasikan kepada masyarakat tentang cara memastikan legalitas, (5) Mendamping UMKM kerajinan bambu dalam membuat fotp dan video pemasaran produk bambu yang menarik dan berkualitas, sehingga foto yang dihasilkan memiliki ciri khas yang menyatakan produk tersebut hasil UMKM kerajinan bambu di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambar, Teguh Sulistiyani. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdyaan. Yogyakarta: Gava Media.
Destrity, N. A. (2018). Petisi Online Sebagai Media Advokasi Alternatif dalam Upstream Social Marketing. Jurnal Komunikasi Global, 7(2), 148–168. https://doi.org/10.24815/jkg.v7i2.11833
Harya, G. I., Hanani, N., Asmara, R., & Muhaimin, W. (2023). Dynamic capabilities for leading industries : proof of export commitment of chocolate products. 29(4), 579–589.
Harya, G. I., Sudiyarto, Budiwitjaksono, G. S., & Markus, P. (2020). Competitiveness and Processing of Processed Cocoa Industry in Improving the Welfare of People’s Cocoa Farmers in East Java. 2019, 302–310. https://doi.org/10.11594/nstp.2019.0443
Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.
Moleong. 2017 Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabet.
Mubarok, N. (2017). Strategi pemasaran islami dalam http://www.pekerjadata.com/2013/11/.html
Nurherdiana, silvana D., Yogaswara, R. R., Nugraha, R. E., & Sunarti, Y. (2022). Modul pengabdian masyarakat. April, i– 42.
Priyono, O. S. (1996). Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS.
Sya’roni, D. A. W., & Sudirham, J. J. (2012). Kreativitas dan inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(1), 42–59.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10440678
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Gyska Indah Harya, Cholid Fadil, Erwin Kusumastuti3
E-ISSN :2986-7002