Pelatihan Penggunaan KIT Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Guru IPA

Hasanuddin H, St. Mutia Alfiyanti Muhiddin, Nurfitra Yanto, Sitti Rahma Yunus, Rifda Nurhikmahwati Arif

Abstract


Pemanfaatan alat-alat peraga pada KIT Optik dapat membantu peserta didik memahami konsep cahaya dan alat optik, mengurangi miskonsepsi, dan meningkatkan keterampilan peserta didik termasuk keterampilan proses sains. Akan tetapi, penggunaan alat peraga pada KIT Optik di sekolah belum maksimal karena guru IPA belum memaksimalkan pemanfaatan KIT IPA dalam proses pembelajaran. Latar belakang guru yang tidak berasal dari bidang IPA atau fisika menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan KIT IPA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep optik guru IPA melalui pelatihan penggunaan KIT. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah demonstrasi, diskusi, ceramah dan praktikum secara langsung. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru IPA. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini terlaksananya kegiatan pelatihan KIT Optik dengan baik di mana terjadi peningkatan pemahaman konsep guru IPA berdasarkan hasil tes. Secara umum, respon peserta sangat baik dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan.


Keywords


Pelatihan, KIT Optik, Pemahaman Konsep, Guru IPA

Full Text:

PDF

References


Hardiyanti, T., Amilda, A., Ulfa, K., Wicaksono, A., Setyabudi, D., & Sari, L. N. (2020, November). Pengembangan Media Pembelajaran Kit Optik Berbasis Guided Inquiry Terhadap Kompetensi Kognitif Siswa Pada Materi Cahaya Di SMP N 40 Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 3, No. 1, pp. 139-146).

Pane, J., & Silaban, B. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru dan Siswa SMP N 32 Medan.

Prasetyowati, R., Katriani.L., et al. (2018). Pelatihan Penggunaan Alat KIT IPA SMP bagi Guru-Guru IPA SMP se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Vol 2 (2)

Pursitasari, I. D., Permanasari, A., Rubini, B., Ardianto, D., Heliawati, L., Nulhakim, L., Kurniasih, S., & Taufik, A. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Desain Praktikum dan Penggunaan KIT Praktikum IPA Bagi Guru IPA SMP Di Kabupaten Serang. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2), 516-530. https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.19495

Sukarjita, I. W. (2020). Peningkatan keterampilan pengelolaan pembelajaran IPA terpadu melalui pelatihan penggunaan KIT IPA bagi guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 33-42.

Tamami.F., Adawiyah.R., dan Siswansi. (2021). Penggunaan KIT IPA Sederhana sebagai Media Pembelajaran Efektif pada Siswa di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol 4 (2)

Undana, A., & Sukarjita, I. W. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN KIT IPA BAGI GURU IPA SMP DI KECAMATAN KUPANG BARAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 33-42.

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan penggunaan KIT IPA dan pengembangan LKPD berbasis praktikum untuk guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56-65.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10347103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasanuddin H, St. Mutia Alfiyanti Muhiddin, Nurfitra Yanto, Sitti Rahma Yunus, Rifda Nurhikmahwati Arif

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002