Pelatihan Pembagian Waris di Gampong Keude Mane, Muara Batu, Aceh Utara

Teuku Saifullah, Hamdani H, Johari J, Jumadiah J, Munardi M, Wheny Utariningsih, Fuadi F

Abstract


Kegiatan pengabdian ini adalah berupa pelatihan perhitungan pembagian warisan dan penyelesaian sengketa waris di gampong Keude Mane Aceh Utara. Pelatihan ini berangkat dari permintaan mitra dan juga berdasarkan sejumlah penelitian. Pembagian waris sebagaimana diungkap dalam penelitian yang dilkukan oleh Anwar (2019) masih menjadi kendala banyak muslim termasuk aparatur gampong. Pertama berikatan dengan bagian ahli waris, hal yang harus didahulukan dan hal yang tidak dapat dilakukan. Sebagai misal yang disebut Muhadhir (2020) banyak terjadi pembagian warisan dilakuan pada benda tidak bergerak seperti tanah, rumah dan properti lainnya dimana dibagi secara merata berdasarkan ukuran tanah. Cara demikian jelas salah karena pembagian warisan itu sejatinya dalah pada nilai dari harta waris yang dikonversi kepada harta waris, baru selanjutnya dibagiakan kepada ahli waris. Target dan luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah Mitra mampu melakukan perhitungan pembagian warisan dengan metode ashobuni yang tergolong cepat dan akurat. Selain itu mitra juga dilatih untuk mengusai pembuatan perjianjian atau kontrak perdamaian yang berkekuatan huku.Pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut akan dibantu oleh ahli yang mampuni dari unsur akademi. Selain itu juga, PKM ini akan melibatkan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.


Keywords


Sengketa Waris, Pembagian Waris, Keude Mane

Full Text:

PDF

References


Saifullah.T. 2022. Hukum Waris Islam, Aceh Utara: Penerbit Yayasan Daarul Huda.

BPS Aceh Utara. 2022. Kecamatan Muiara Batu Dalam Angka dalam Angka. Lhokseumawe: Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe.

Yudi Afrizal, Teuku. Saifullah, T. Kepastian Hukum dalam Putusan Peradilan Adat di Aceh, Sasi: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 23, Issue 3, 2023.

Saifullah, T. Konflik Agama antar Mazhab Islam (Studi Kasus di Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara), Reusam: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 10. Issue 2, 2021

Kadir, A., 2012. Formula Baru Ilmu Falak, Jakarta; Penerbit Amzah, 2012.

Khazin, Muhyiddin. 2004. Ilmu Waris dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Buana

Thayyar, Abdullah ath, 2006. Ensiklopedia Shalat, Terj. A. M.Halim. Jakarta: Magfirah Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10275010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teuku Saifullah, Hamdani H, Johari J, Jumadiah J, Munardi M, Putri Riana Sari

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002