Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Powerpoint bagi Guru SMA Negeri 2 Camplagian

Agus Susanto, Pariabti Palloan, Arie Arma Arsyad, Hasnawati H, Sulfianty S

Abstract


Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan pembuatan game edukasi berbasis powerpoint bagi guru SMA Negeri 2 Campalagian. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) guru memiliki pengetahuan tentang media powerpoint, 2) guru memiliki keterampilan dalam membuat game edukasi yang dapat dibuat menggunakan powerpoint. Kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Campalagian dengan peserta sebanyak 20 guru. Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan menunjukkan semua guru mampu mengoperasikan dan emmanfaatkan powerpoint sebagai media untuk membuat game edukasi.


Keywords


game edukasi; powerpoint; Guru SMA

Full Text:

PDF

References


Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371

Butar, B. B., Sriyadi, Anggarini, D. T., Fuad, M. H., Candra, M. A., & Azzikri, A. A. (2022). Workshop Pelatihan Membuat Game bagi Pemula dengan Memanfaatkan Aplikasi Contruct bagi Santri TPA/Majelis Ta'lim Faizul haq Tangerang. Tangerang: Universitas Bina Sarana Informatika.

Febrianti, A. W., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media Edpuzzle dan game Marbel Indonesia Culture dalam Pembelajaran PKN di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 171-176.

Handayani. Oktafia Ika dan Wulandari, SS. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Studi From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3.

Hasanah, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. 1 .

Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.

Jubaidah, Siti dan Zulkarnain, M.R. (2020). Penggunaan Google Sites pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2020) 68-73.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820

Kurniati, G., Egilistiani, E., Wahyuni, Y., & Tisnawijaya, C. (2021). Pengayaan Literasi Digital di MI Jam'iyyatul Khair: Edpuzzle sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Daring. Acitya Bhakti, 116-124.

Palloan, P., Helmi, A. Arsyad, AA. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Pembelajaran Menggunakan Google Sites. Jurnal Sipakaraya, 1(1), 17-25.

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST: Journal of Biology Education, Science, & Technology, 5(1), 297-302.




DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10124914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arie Arma Arsyad

 


Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia

E-ISSN :2986-7002