Pelatihan dan Pendampingan Hadrah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Keterampilan Kesenian Islam Siswa di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan serta pelatihan hadrah sebagai upaya peningkatan kemampuan keterampilan kesenian Islam siswa di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan sebagai bentuk peningkatan kemampuan untuk dapat tampil dalam berbagai kegiatan keagamaan yang digelar. Hal ini mengingat, di SMP umum, kesenian hadrah belum menjadi kesenian yang diberikan fokus pendampingan dalam kegiatannya. Metode pengabdian kepada masyarakat ini mengambil metode dengan service learning dengan memberikan jadwal pelatihan serta koordinasi dengan pihak mitra yaitu perijinan lokasi pelatihan dan peminjaman fasilitas pelatihan hadrah. Hasil yang telah dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah tersedianya lokasi pelatihan dan fasilitas kesenian hadrah serta jasa pendampingan untuk peserta pelatihan siswa SMPN 1 Bojong untuk dapat tampil dalam kegiatan keagamaan, baik yang diselenggarakan di SMPN 1 Bojong maupun di luar sekolah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan manfaat berupa menjadikan siswa menjadi terampil dan percaya diri dalam menampilkan seni hadrah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arditya, P. (2016). Dinamika Identitas Budaya Melayu Dalam Tinjauan Arkeo-Antropologis. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Fiani, Q., & Prayogi, A. (2023). IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMK NEGERI 03 PEKALONGAN. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 44-53.
Hidayatullah. (2021). Pelatihan Seni Hadrah Di Smp Sultan Agung Seyegan Sleman Yogyakarta. Jurnal Dharma Bakti , 4 (1), 57-66.
Najiyah, F. F., & Prayogi, A. (2023). Metode dan Strategi Guru PAI dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Studi Kasus di SMPN 6 Taman Kabupaten Pemalang). Pubmedia Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-13.
Nursyahida, A. M., & Wardana, A. (2020). Makna dan Nilai Spiritual Musik Hadrah pada Komunitas Hadrah El-Maqoshid. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi , 9 (1), 16-36.
PRAYOGI, A. (2016). RESPON UMAT ISLAM HINDIA BELANDA ATAS KERUNTUHAN TURKI UTSMANI PADA 1924.
Prayogi, A., & Kurniasih, U. (2023, August). PEMBEKALAN INFORMASI AKSESIBILITAS PERGURUAN TINGGI KEDINASAN BAGI SISWA SMA SEDERAJAT: UPAYA BERSAING DI ERA 5.0. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPPM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO (Vol. 5, No. 1, pp. 334-341).
Prayogi, A., & Nasrullah, R. (2023). Descriptive Study of The Nature of Educational Science. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 11-29.
Satria, B., Fretisari, I., & Muniir, A. (2018). PEMBELAJARAN KESENIAN HADRAH PADA KOMUNITAS AL-AMIN DI KELURAHAN PAL 5 KOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 7 (1), 1-9.
Tindarika, R. (2021). Nilai-Nilai Dalam Kesenian Hadrah Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora , 12 (1), 1-9.
Tindarika, R., & Ramadhan, I. (2021). Kesenian Hadrah Sebagai Warisan Budaya Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal , 7 (3), 907-923.
DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.10069979
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arditya Prayogi, Saiful Anwar, Muhammad Ammar Defi, Nailatus Zulfa, Dhieka Fitri Ananda, Khaneishia Azzahra, Uzmatul Fakhizati, Maharani Zahara, Rihaadatul Aisyi, Miftahul Mukaromah, Aanisa Rahmalia Itsnaini
E-ISSN :2986-7002