Upaya Lembaga Yatim Mandiri Cabang Kudus Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Progam Pendidikan Sanggar Genius
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Sanggar Genius yang diadakan oleh LAZNAS Yatim Mandiri cabang kudus terhadap upaya meningkatkan mutu pendidikan anak yatim dan duafa melalui program pendidikan sanggar genius pada pencapaian modul dalam prestasi belajar anak binaan sekudus. Dengan menggunakan metode kualitatif data uji paired samples t-test diperoleh hasil bahwa program Sanggar Genius yang diadakan oleh LAZNAS Yatim Mandiri Kudus berperan secara nyata dan signifikan terhadap pencapaian dalam prestasi belajar anak binaan. Hasil penelitian menggunakan uji paired samples t-test menunjukkan bahwa setelah mengikuti program Sanggar Genius, pencapaian modul mengalami kenaikan secara nyata dan signifikan. Hasil penelitian menggunakan evaluasidata menunjukkan bahwa program Sanggar Genius sudah terlaksana dengan “Sangat Baikâ€.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 1–26. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068
Hidayah, R. (2018). Analisis Strategi Fundraising Zakat Infaq Sedekah (Zis) Terhadap Peningkatan Penerimaan Dana Zis (Studi Kasus di Yatim Mandiri Kudus) [IAIN KUDUS]. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2728%0Ahttp://repositor y.iainkudus.ac.id/2728/7/7. BAB IV.pdf
Iqbal, A. (2021). Oleh : Ahmad Iqbal. Optimalisasi Badan Amil Zakat Nasional Dalam Upaya Penyaluran Dana Zakat Melalui Program Sleman Cerdas Terhadap Peningkatan Pendidikan Tahun 2020 (Studi Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sleman), 2020.
Kamalia, K., Akbar, A., Pulungan, E. N., & Damanik, N. I. (2020). Kiprah Yayasan Ash-Shilah dalam meningkatkan mutu pendidikan, ekonomi dan status sosial anak yatim di Kota Medan (Studi Analisis terhadap pengelolaan …. 1–89. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8530
Maulana, M., Faturrahman, F., & Sirajuddin, S. (2023). Productive Zakat Towards Economic Armalah Improvement of Makassar City Community in Yatim Mandiri Makassar. Profetika: Jurnal Studi Islam, 24(01), 85–93. https://doi.org/10.23917/profetika.v24i01.1689
Nindiani, R., Iman, C., & Hafizd, J. Z. (2023). Sistem Pengelolaan Zakat Yayasan Yatim Mandiri Cirebon. Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah…, 4(2). http://journal.ikopin.ac.id/index.php/ecoiqtishodi/article/view/2817 %0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/ecoiqtishodi/article/dow nload/2817/2594
Nugrahani, F. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1),305.http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.u ntan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp:// dx.doi.org/10.1016/j. sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Nurrohmah, L., Supriyadi, A., & Habib, M. A. F. (2022). Upaya Lembaga Zakat Yatim Mandiri Tulungagung dalam Meningkatkan Kualitas Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Pendidikan Sanggar Genius. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(2), 87– 101. https://doi.org/10.15642/mzw.2022.3.2.87-101
Saputra, H. (2020). Zakat Sebagai Sarana Bantuan Bagi Masyarakat Berdampak Covid-19. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 5(2), 161–175. https://doi.org/10.22373/jai.v5i2.549
Sayuti, A. (2022). Peran Komite Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Ahmad. Jurnal Mubtadiin, 8(01), 46–56. https://doi.org/https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Suradji, M., & Zulvia, A. I. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Yatim Melalui Genius Yatim Mandiri Di Desa Tanggungan Kecamatan Baureno. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.