Pengaruh Digital Marketing dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Palembang

Yuliana S

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana konsumen benar-benar membeli. Beberapa factor yang mempengaruhi keputusan adalah Digital Marketing dan Harga. Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa pasar properti Nasional menunjukkan tren yang terus membaik pada tahun 2022. Kenaikan harga properti meningkat lebih pesat dibanding tahun sebelumnya, demikian pula dengan permintaan pasar. Rumah.com Indonesia Property Market Index menunjukkan kenaikan harga secara tahunan pada kuartal ketiga 2022. Indeks harga properti naik sebesar 4,9 persen secara tahunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Digital Marketing dan Harga terhadap keputusan pembelian property di kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berbentuk asosiatif kausal melalui pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Sumatera Selatan. Sampel yang dilakukan sebanyak 100 responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non- probability Sampling. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang berupa daftar pernyataan kepada responden. Dalam penelitian ini, kuesioner akan disebarkan secara online melalui google form kepada semua masyarakat di Kota Palembang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan  bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian propertu di kota palembang, semakin baik digital marketing di gunakan maka semakin tinggi keputusan pembelian dan harga yang diberikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian property di kota Palembang.

Keywords

Digital Marketing, Harga, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146/3162

Anwar, K. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. http://epub.imandiri.id/repository/docs/journal/Jurnal%20381741032%20(Khoerul%20Anwar).pdf

Ardi Kadek, & Putu Agus. (2019). Menakar Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan Pariwisata. 16(3). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/48

Chandra, A. P., & Santoso, T. (2019). Outlet Mini Melts Surabaya. 7(1).

Febri Yola, L. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand, Image Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BSI kota Tangerang. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/67897/1/23.%20Lola%20Febri%20Yola%28025%29%20-%20SKRIPSI%20FINAL.pdf

Iryanita, R. S. Y. (2013). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pekalongan. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 2(1). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Jacky S. B. Sumarauw. (2015). Kebutuhan Akan Rumah. http://eprints.ums.ac.id/48306/7/BAB%20I.pdf

Korowa, E., Sumayku, S., & Sandra Asaloei. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen. 6(3). file:///C:/Users/User/Downloads/dm_jab,+Jurnal+Enos.pdf

Kurriwati Nirma., SP. ,M. Si. (2019). Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian. file:///C:/Users/User/Downloads/9029-23488-1-SM.pdf

Lugra Putu I, & Putu Agus. (2019). Digital Marketing Dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. 16(4). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/58

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1). file:///C:/Users/User/Downloads/23529-47954-1-SM.pdf

Monintja, R. Y., Mandey, S., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis Merek, Promosi, Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Gelael Swalayan Manado. Analisis Merek, Promosi … 278 Jurnal EMBA, 3, 279–289. file:///C:/Users/User/Downloads/iogi2018,+1_Reimond+Y.+Monintja_Mn.pdf

Mulyansyah, G. T. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING BERBASIS SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER DI KAWASAN G-WALK SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9. file:///C:/Users/User/Downloads/40498-Article%20Text-61441-1-10-20210621.pdf

Property Guru. (2022, November). Kilas Balik Rumah.Com: Sepanjang 2022 Industri Properti Menunjukkan Peningkatan. https://www.rumah.com/informasi-perusahaan/kilas-balik-rumahcom-sepanjang-2022-industri-properti-menunjukkan-peningkatan-64279

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Rakhmanita, A., & Ananta Vidada, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Poperti di Kota Tangerang. file:///C:/Users/User/Downloads/FAKTOR-FAKTOR-YANG-MEMPENGARUHI-KEPUTUSAN.pdf

Sugiyono. (n.d.). Metode. 2019. Retrieved May 16, 2023, from http://repository.stei.ac.id/1667/4/BAB%20III.pdf

Tanaka, D. (2018). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH BERSUBSIDI PADA PT. KARUNIA KARYA MAKMUR PALEMBANG Oleh. file:///C:/Users/User/Downloads/Pengertian%20Harga.pdf

Verli Putri Oktaviani, O., Puji Suci, R., & Hermawati, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CUSTOMER TRUSTSEBAGAI VAARIABEL MEDIASI. 2(1).

Verli Putri Oktaviani, Puji Suci, R., Zulkifli, & Hermawati, A. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN KREDIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MEER PROPERTY. file:///C:/Users/User/Downloads/1822-Article%20Text-6740-1-10-20200127.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.