Evaluasi Performa Solar Photovoltaik Studi Kasus Solar PV Pada Flood Early Warning System (FEWS) PLTA Karebbe

Deni Nur Fauzi, Darma Arif Wicaksono

Abstract

Sistem Photovoltaik (PV) adalah teknologi yang semakin berkembang dalam menyediakan energi listrik dari sumber matahari. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi performa sistem PV dalam kondisi operasional sebenarnya. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dari instalasi PV yang terletak di PLTA Karebbe. Data yang terkumpul mencakup parameter seperti iradiasi matahari, suhu lingkungan, produksi listrik, efisiensi konversi, dan pengukuran kinerja lainnya. Metode penelitian meliputi pemasangan perangkat pemantauan yang memungkinkan pengukuran dan pemantauan real-time dari sistem PV selama periode waktu tertentu. Analisis statistik dan komparatif digunakan untuk mengevaluasi kinerja sistem PV dalam berbagai kondisi lingkungan. Selain itu, simulasi menggunakan perangkat lunak khusus juga digunakan untuk memprediksi performa sistem PV dalam skenario berbeda. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan berbagai aspek kinerja sistem PV, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi produksi listrik seperti intensitas cahaya matahari, temperatur, dan efisiensi konversi. Selain itu, studi ini juga membahas faktor-faktor pengoptimalan dan potensial untuk meningkatkan performa sistem PV. Kesimpulan dari penelitian ini Dapat diketahui detail mengenai komponen & spesifikasi eksisting dari sistem peringatan dini banjir/ Flood Early Warning system PLTA Karebbe, khusunya yang terpasang pada Km50 Remote Warning station dan Dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari suatu sistem solar PV, terutama pengaruh cuaca atau musim penghujan terhadap autonomy day dan sizing battery beserta PV array-nya sebagai referensi untuk melakukan improvement atas FEWS Karebbe.

Keywords

Photovoltaik, Evaluasi Performa, Iradiasi Matahari, PLTA, Energi Terbarukan.

Full Text:

PDF

References

[E. Romano, M. Callegari and G. D. R, "A review on the role of remote sensing for decision support in flood management," Journal of Hydrology, vol. 5, no. 3, p. 36, 2016.

A. Reinders and P. Verlinden, Photovoltaic Solar Energy: From Fundamentals to Applications, 2017.

A. M. T. Rahman, H. E. K. Sharma and P. Salamon, "Performance Evaluation of Flood Early Warning Systems (FEWS) in Data Scarce Catchments: A Case Study from Bangladesh," Environmental Monitoring and Assessment, vol. 191, p. 382, 2019.

E. Romano, M. Callegari and G. D. R, "Environmental Impacts on the Performance of Solar Photovoltaic Systems," Sustainability, vol. 12, no. 608, 2020.

F. A. Al-Sulaiman, A. K. Al-Nassar and A. H. Al-Ot, "Performance analysis of photovoltaic systems in tropical climates," Energy Conversion and Management, vol. 105, pp. 1013-1024, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.