Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Pada Konsumen di Kota Palembang

Rendy R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Harga dan Kualitasa terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda di Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Palembang yang sedang menggunakan Motor Matic Honda, sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji F. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda pada konsumen di Kota Palembang. Hasil penelitian ini adalah persamaan regresi linear berganda Y = 1.678 + 0.18X1 + 0.307X2 + e, secara parsial harga berpengaruh positif signifikan dengan nilai áµ—hitung sebesar 2,345 dan 5.602 t tabel sebesar 0,028 dan 0,000. Secara simultan harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian dengan nilai f tabel sebesar 56,947, sebasar 3,090. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah kualitas dengan nilai sebesar 3,352.

 

Keywords

Harga, Kualitas, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References

Adinugraha, H.W. I.-P. I. B., & 2017, undefined. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai.Umsida.Ac.Id, 1(3), 1–16. https://doi.org/10.21070/perisai.1365

Angelina, A. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko My Hobby Town). http://repositori.buddhidharma.ac.id/1036/

Arza, O., Syafitri, Y., Jurnal, D. M.-P., & 2021, undefined. (2021). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada. Ejurnal-Unespadang.Ac.Id, 3(3), 519–542. http://www.ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/PJ/article/view/364

bisnis, D. H.-J. keuangan dan, & 2015, undefined. (n.d.). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Osf.Io. Retrieved March 2, 2023, from https://osf.io/2dg3q/download

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1).

Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi penelitian. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16455

Haq, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Eastwood Bandung. Https://Repository.Widyatama.Ac.Id/Xmlui/Handle/123456789/15730

HR, H. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=PFd1DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Hipotesis+adalah+jawaban+yang+sifatnya+masih+sementara+terhadap+permasalahan+pada+penelitan+yang+telah+dinyatakan+dalam+bentuk+rumusan+masalah+(Sugiyono,++2013:99).&ots=PvtmQ50rUL&sig=UYQm0btb0r8GryqAuTsqaxj5x

(JIRA), M. P.-J. I. dan R. A., & 2018, undefined. (n.d.). Pengaruh profitabilitas dan size terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel pemoderasi. Jurnalmahasiswa.Stiesia.Ac.Id. Retrieved March 2, 2023, from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/download/116/113

Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif (panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/

Manajemen, A. W.-J. I., & 2019, undefined. (n.d.). Pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal investasi, dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi (Studi kasus mahasiswa FE Unesa. Core.Ac.Uk. Retrieved March 2, 2023, from https://core.ac.uk/download/pdf/230764342.pdf

Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup - Gramedia Literasi. (n.d.). Retrieved October 3, 2022, from https://www.gramedia.com/literasi/manajemen-sdm/

Mohamad, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1. https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6729

Oleh. (n.d.). SKRIPSI PENGARUH HARGA,KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Pembelian E-Commerce, K., Romla, S., Ratnawati KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE MELALUI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, A., & Romla Alifah Ratnawati, S. (n.d.). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Lppm-Unissula.Com. Retrieved March 2, 2023, from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/viewFile/2925/2130

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN VODKASODA SHIRT | Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. (n.d.). Retrieved March 2, 2023, from https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/447

Pengetahuan, D. S.-J. M. I., Seni, undefined, Dan, undefined, & 2020, undefined. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel. Jurnalmandiri.Com, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Peran, A., Hidup, G., Kualitas, D., Terhadap, P., Pembelian, K., Automotif, P., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., Hadayanti, D., Purwokerto, W., Al, S., Pangandaran, F., & al Ghifari, U. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Mukena Siti. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4139–4145. http://repository.stei.ac.id/8772/

Santosa, D. (2021). Pengaruh insentif dan komitmen organisasi terhadap kinerja driver Gojek di Kawasan Stasiun Juanda, Jakarta Pusat/Daniel Leon Santosa/27160001/Pembimbing. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/1836/

Suhartono, & Rahayu, D. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA JASA PELATIHAN UVI CONSULTANT YOGYAKARTA). JURNAL MANAJEMEN, 11(1). https://doi.org/10.26460/jm.v11i1.2273

Sulistiawan, D., Riadi, S. S., & Maria, S. (2017). Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. KINERJA, 14(2), 61–69. https://doi.org/10.30872/JKIN.V14I2.2480

Tren WFH Dongkrak Penjualan PC Dunia Kuartal II-2020. (n.d.). Retrieved October 10, 2022, from https://tekno.kompas.com/read/2020/07/13/15050047/tren-wfh-dongkrak-penjualan-pc-dunia-kuartal-ii-2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.