Pengaruh Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran UMKM

Vicky Ryandi

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 UMKM mendapatkan dampak yang cukup besar, kondisi seperti ini tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha kecil dan menengah saja yang mengalami krisis ekonomi, namun berdampak juga kepada perekonomian negara. Banyak UMKM yang terpaksa harus menutup usahanya akibat permasalahan yang muncul dimasa pandemi covid-19. UMKM sendiri merupakan penopang perekonomian Indonesia yang cukup besar. Namun pada saat ini UMKM khususnya dikota Palembang diketahui terus menerus mengalami pengingkatan jumlah pada tiap tahunnya. Hal ini tentunya akan membuat tiap UMKM harus bersaing untuk memenangkan pasar mereka atau mempertahankan pelanggan pelanggan mereka, tentunya hal tersebut membuat para UMKM harus memikirkan cara untuk bertahan atas persaingan yang ada. Melakukan Inovasi produk dan mengembangkan Keunggulan bersaing menjadi salah satu faktor yang bisa membantu para UMKM untuk bertahan dan memenagkan persaingan. Inovasi produk dan keunggulan bersaing merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan dalam mengelola suatu usaha. Karena inovasi produk dan keunggulan produk merupakan variabel yang diyakini mampu meningkatkan kinerja pemasaran khususnya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara langsung variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Solusi yang harus diambil oleh pelaku UMKM adalah dengan cara menganalisis terlebih dahulu permintaan yang banyak muncul dari para konsumen konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi produk dan Keunggulan bersaing memiliki pengaruh yang positif atau signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM.

Keywords

Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Amilia, M., Putri, L., Nyoman, N., Yasa, K., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Ukm Kerajinan Endek Di Kabupaten Klungkung. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4). file:///C:/Users/User/Downloads/56-Article%20Text-101-1-10-20180730.pdf

Annisa Fitri. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Bidang Kuliner Di Kecamatan Koja DAN. http://repository.fe.unj.ac.id/10711/9/JURNAL%20.pdf

Anwar Affif Nikki. (2021). Perkembangan UMKM Dahulu Dan Sekarang. https://kumparan.com/052-affif-nikki-anwar/perkembangan-umkm-dahulu-dan-sekarang-1wQAxgVONtq

Ari Pratama Bayu. (2021). Tinjauan Pustaka. . http://eprints.umpo.ac.id/8463/3/BAB%20II.pdf

Arifuddin, M. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Varibael Mediasi. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10444/7.%20MUHAMMAD%20ARIFUDIN.pdf?sequence=1

Asashi Tesa, & Gde Sukaatmadja Putu I. (2017). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. https://media.neliti.com/media/publications/251977-peran-inovasi-produk-dalam-memediasi-pen-b4524f67.pdf

Dewi Ni Made Putri, & Ekawati Ni Wayan. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Terhadap Kinerja Pemasaran. https://media.neliti.com/media/publications/249598-peran-keunggulan-bersaing-dalam-memedias-e0588528.pdf

Editorial Team. (2020, November). 30 Ribu UMKM di Palembang Terkena Dampak Pandemik COVID-19. 01 November 2020. https://sumsel.idntimes.com/news/sumsel/feny-agustin/30-ribu-umkm-di-palembang-terkena-dampak-pandemik-covid

Juhi A. (2022). Elib Unikom Dalam Maintenance. file:///C:/Users/User/Downloads/jbptunikompp-gdl-sekardilap-34685-5-unikom_2-i.pdf

Lestari, R. B., & Widagdo, H. (2021). Entrepreneurial Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di Palembang. file:///C:/Users/User/Downloads/ojsuajy,+7.+Artikel+7+MODUS+Vol.+34+(1)+Mar+2022+hal.+100-114.pdf

Manek, D. (2013). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan Pengolahan Di Kota Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XII(2), 121–148. file:///C:/Users/User/Downloads/14401-34030-1-SM.pdf

Marlina, L., Rahayu, A., & Adi Wibowo Lili. (2020). Strategi Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Industri Kreatif Bordir Tasikmalaya. file:///C:/Users/User/Downloads/194-Article%20Text-704-1-10-20200910.pdf

Muhammad Fajar S. (2018). Pendahuluan. www.adidas-group.com

Ningrum, S., Desliena Fitra, V., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. file:///C:/Users/User/Downloads/Pengaruh%20inovasi%20Produk,%20Keunggulan%20Bersaing,%20dan%20Strategi%20Pemasaran%20Terhadap%20Kinerja%20Pemasaran.pdf

Nofrizal, N., Aznuryandi, A., N, A., Affandi, A., & Juju, U. (2021). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pengrajin Rotan Pekanbaru. Journal of Business and Banking, 10(2), 279. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2487

Putri, N. K. N., & Yasa, N. N. K. (2018). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 111. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p03

Shindia R Windi. (2019). Landasan Teori. http://eprints.ums.ac.id/73310/4/04.%20BAB%202.pdf

Sugiyono. (2019). Metode. http://repository.stei.ac.id/1667/4/BAB%20III.pdf

Sulistyorini, D. (2021, November). Pandemi COVID-19 di Indonesia Menurun, Apa Kabar Perkembangan UMKM di Indonesia? 28 November 2021. https://kumparan.com/dwisulistyorini08/pandemi-covid-19-di-indonesia-menurun-apa-kabar-perkembangan-umkm-di-indonesia-1x0S9kDEzwM

Tinggi, S., Ekonomi, I., & Semarang, T. (2015). Analisis Pengaruh Jaringan Usaha dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 6(1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1263520&val=15239&title=ANALISIS%20PENGARUH%20JARINGAN%20USAHA%20DAN%20INOVASI%20TERHADAP%20KINERJA%20UMKM

Widarti Dyah Tri. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. http://lib.unnes.ac.id/232/1/7026.pdf

Yulia Hanita. (2015). Generic Competitive Strategy Studi pada Program. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/15380/2/T2_942012010_BAB%20II.pdf

Zaman Ikhsan Badruz. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. https://eprints.uny.ac.id/52004/1/IkhsanBadruzZaman_15808147019.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.