Peningkatan Aktivitas Berdiskusi dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XI MIPA 2

Jihan Devi Setyaningrum, Arbailah A, Agus Prasetyo Utomo

Abstract

Penerapan model pebelajran Problem Based Learning dilakukan untuk  meningkatkan keaktifan berdiskusi dan hasil belajar peserta didik  kelas XI MIPA 2  SMAN Rogojampi.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini yaitu tes untuk  mengukur  hasil belajar kognitif yang dilakukan pada akhir pembelajaran disetiap siklusnya dan dihitung secara kuantitatif  untuk mengetahui persentase yang diperoleh berdasarkan nilai test akhir pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based  Learning dapat meningkatkan keaktifan berdiskusi dan hasil belajar siswa.  Dibuktikan dengan hasil belar dan keaktifan berdiskusi peserta didik  pengalami peningatan setiap siklusnya yakni yaitu siklus I 70.58% Siklus II 79.4I% dan Siklus  III 85.29%.  

Keywords

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Keaktifan Berdiskusi.

Full Text:

PDF

References

Adam, Maharani Gultom dan Dini Hariyati. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di MTs Negeri Rantauprapat. Jurnal Nukleus. Vol 4(2): 1-5.

Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Online: https://s.id/kurikulum-merdeka . Diakses pada 10 Agustus 2022.

Kesuma, Ulfa,dan Tasman Hamami. (2020) Implementasi Tujuan Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTS Patra Mandiri Plaju Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Islam. 5(2).

Marwah, DKK. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kromatin. 3(1).

Sudjana, Nana. (2017) Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyaratih, N. I. et al. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan window shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Profesi Pendidikan. Vol.2(2).

Putri, dara dan fitri. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Alveoli. 3(1). DOI : 10.35719/alveoli.v3i1.130.

Yulianti, Eka dan Gunawan, Indra. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02(3). 399-409. Retrieved from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.