Analisis Perilaku Konsumen dan Keamanan Kartu Kredit Perbankan

Era Mustika Ginting, Eka Saripa Siburian, Meilany Dwi Syahfitri, Hasyim H

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis perilaku konsumen dan keamanan kartu kredit perbankan menjadi topik yang penting dalam industri keuangan. Pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen dalam penggunaan kartu kredit dan langkah-langkah keamanan yang efektif dapat membantu penerbit kartu kredit dan lembaga keuangan dalam melindungi pemilik kartu dan mencegah penipuan. Analisis perilaku konsumen melibatkan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan kartu kredit oleh individu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan adalah kepustakaan (library research) di mana pengumpulan data dan informasinya diperoleh dari sumber-sumber pustaka (bacaan) yang berasal dari buku, jurnal, artikel, dan bahan bacaan lainnya yang memiliki relevansi dengan topik pada penelitian ini. Pengamatan dilakukan dengan menelaah teori-teori, konsepkonsep, data-data statistik, dan peraturan yang berkaitan dengan penelitian ini. Sehingga pada setiap analisa rujukan utamanya terdapat pada sumber data mengenai perkembangan industri perbankan syariah khususnya pada pembiayaan yang disalurkan.

Keywords

Perilaku konsumen, kartu kredit, perbankan

Full Text:

PDF

References

Bank Indonesia. 2022. Nilai Transaksi Kartu Kredit RI. Diakses dari:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/02/bi-nilai-transaksi-kartu-kredit-ri-tumbuh-1039-per-desember-2021, tanggal 02 Februari 2022.

Data Indonesia, 2022. Jumlah Kartu Kredit Beredar. Diakses dari:

https://dataindonesia.id/digital/detail/jumlah-kartu-kredit-beredar-capai-1658-juta-pada-juni-2022, tanggal 30 Agustus 2022.

Astari, Reny Widya. 2016. 5 Perbedaan Kartu Kredit Syariah dan Konvensional.

Diakses dari: https://kreditgogo.com/artikel/Kartu-Kredit/5-PerbedaanKartu-Kredit-Syariah-dan-Konvensional.html, tanggal 13 Februari 2020.

Astuti, Niken Probondani dan Nurlaley Razak. 2017. “Analisis Perilaku Masyarakat

Dalam Penggunaan Kartu Kerdit Syariah Di Makasarâ€. Jurnal Ilmiah AKSI 4 (4), 611-623

Chaudhary, Khyati; Jyoti Yadav; Bhawna Mallick. 2012. “A review of Fraud

Detection Techniques: Credit Cardâ€. International Journal of Computer Applications 45 (1), 39-44.

Dhirima, Silvia Anisa; Tuti Susilawati dan Mahipal. 2019. “Kajian Penerapan Prinsip

Kehati Hatian Dalam Penerbitan Kartu Kredit Pada Bank Syariahâ€. Jurnal Cendekia Ihya 2 (1), 30-42.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.