Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kerupuk Bawang Yayace di Dusun Jagung Desa Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri

Risva Herdiastika, Tutut Suryaningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada usaha kerupuk bawang yayace. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang digunakan kerupuk bawang yayace dalam meningkatkan penjualan seperti mempertahankan kualitas bahan baku dan produknya, menetapkan harga yang terjangkau, menitipkan kerupuk bawang di tempat yang ramai seperti toko-toko, warung makan, pasar, dan memberikan diskon maupun promo. Jangkauan distribusi sudah masuk ke wilayah Kediri, Blitar, dan Tulungagung. Memanfaatkan media sosial WhatsApp sebagai media pemasaran. Menawarkan sampel produk secara gratis untuk meyakinkan konsumen dan menarik minat beli konsumen. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan seperti memberikan pelayanan yang baik, sopan, ramah, dan pemilik usaha selalu menghargai serta menampung kritik dan saran dari pelanggan. Menjalankan sistem reseller untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Keywords

Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Kerupuk Bawang Yayace

Full Text:

PDF

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 21, Nomor 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., & Nugroho, D. W. P. S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3 ed., Vol. 21, Nomor 1). Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraeni, L., & Harnanik, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.

Perdiana, R. H., Ridwan, W., Yusup, I., & Koeswandi, T. A. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Mang Nana. Journal in Prosiding Industrial Reseach Workshop and National Seminar, 12, 1456–1459.

Putri, M. A., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 431–444. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773

Rahma, M. I. (2019). Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk Udang (Studi Kasus Di Perusahaan Kerupuk Udang “Moro Seneng†Candi – Sidoarjo). EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829

Rania, D. (2021). 8 Strategi Pemasaran Produk Ini Sukses Tingkatkan Penjualan. Jubelio. https://jubelio.com/strategi-pemasaran-produk-efektif/

Wariyanti, S., Liberty, L., & Imtihanah, A. N. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Home Industry Roti Al Mustofa di Metro). Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 9(02), 151. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v9i02.3115

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66. www.depkop.go.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.