Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas X9

Novi Yani Maulina, Agus Prasetyo Utomo

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar peserta didik di kelas X9. Hal tersebut karena setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berdeda-beda. Mereka memiliki keunikan masing-masing yang tidak dapat disamakan dengan peserta didik yang lain. Salah satu perbedaan karateritik peserta didik dapat dilihat dari gaya belajar yang dimilikinya, perbedaan pada gaya belajar tersebut dapat diakomodasi dengan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian  ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X mipa 9 di SMA Negeri 1 Bangorejo. Dengan jumlah peserta didik 33 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Data yang di peroleh berdasarkan observasi dan pengisian  angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik di kelas X MIPA 9 memiliki gaya belajar yang beragam. Gaya belajar visual dengan 55% dan gaya belajar kinestetik sebesar 45%.  Penting bagi seorang pendidik  mengetahui  gaya belajar peserta didik agar dapat menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menfasilitasi kebutuhan balajar peserta didik sehingga peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi.

Keywords

Gaya belajar, Pembelajaran berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References

Abadiyah, dkk. (2023). Analiss gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran berdifrenasiasi kelas 1 sdn tambakrejo 01 semarang.

Arumsari, D. M. (2023). Analissi gaya beljar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ipas. Jurnal inovasi penelitian pendidikan dan pembelajaran. Vol. 3. No 1, 2777-0575

Derici, R. M. & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414-420.

Elviya, D. D. & Sukariningsih, W. 2023. Penerapan pembelajaran berdifensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN lakarsantri 1/472/ Surabaya.

Latifah, D. N. (2023). Analisi gaya belajar siswa untuuk embeljran berdiferensiasi di sekolah dasar.

Wahyuningsih, dkk. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar†Jurnal Jendela Pendidikan. Voll , No.04 (2022):532.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.