Analisis Perkembangan dan Tantangan Perbankan Syariah di Indonesia

Ismi Hasanah, Janisa Aulia, Putri Yohana L. Tobing, Hasyim H

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia yang sangat Meningkatkan efisiensi sektor syariah. Salah satu wujud dari industri syariah adalah perbankan syariah yang sering disebut perbankan Islam. Status perbankan syariah tercermin dari legalitasnya yang diakui di Indonesia pada tahun 1990 Perbankan syariah sendiri dapat bersaing dengan bank tradisional lainnya, seperti yang ditunjukkan oleh krisis keuangan tahun 2013 lalu. Perbankan syariah di Indonesia dapat bertahan dari krisis keuangan dan mendapatkan pengakuan negara. Peluang Perkembangan perbankan syariah di Indonesia sangat luas kecuali mayoritas penduduk yang mendukungnya Ada juga komponen dalam agama Islam yang mendukung terciptanya bank yang sehat dan Islami yang bisa diandalkan.

Keywords

Perkembangan, Tantangan, Perbankan Syariah, Indonesia

Full Text:

PDF

References

Abdullah,Mal An. 2010. Corporate Governance Perbankan Syariah di Indonesia. Jogjakarta:Az-Ruzz Media

Bari’ah, Zaenal Abidin dan Nurtjahjanti, Harlina. 2009. Hubungan antara Kualitas Layanan Bank dengan Minat Menabung Nasabah PT BRI Kantor Cabang Ungaran.

Dewi, Gemala. 2006. Aspek-aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia. Jakarta: Kencan

Gustina. 2012. Islamic Banking System: Studi Analisi Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia

Y. Wibisono, "Politik Ekonomi UU Perbankan Syariah Peluang dan Tantangan Regulasi Industri Perbankan Syariah," Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, vol. 16, no. 2, pp. 105-115, 2009. R. Zakhiroh and E. Primantara, "Tantangan Dan Peluang Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif".

A. S. Muslim, "Perbankan Syari’ah Di Indonesia: Antara Peluang Dan Tantangan," UNIVERSUM, vol. 10, no. 1, pp. 91-102, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.