Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Biaya

M. Hafis Akbar Nasution

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban melalui struktur organisasi, penyusunan anggaran, dan sistem pelaporan biaya merupakan salah satu hal yang penting sebagai alat pengendalian biaya dalam suatu bidang usaha dan sebagai penilaian kinerja. Dalam pengendalian biaya dan penilaian kinerja tersebut, maka penyusunan anggaran akan menjadi hal yang sangat penting untuk membandingkannya dengan realisasi biaya yang akan terjadi dalam suatu kegiatan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban didalam anggaran yang digunakan sudah efektif dan efisien untuk pengendalian biaya produksi dan penilaian kinerja pada PT. Alfa Scorpi Medan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menguraikan permasalahan yang ada melalui informasi data. Objek penelitian ini adalah PT. Alfa Scorpi Medan  dapat dilihat dari adanya penggambaran secara jelas pembagian wewenang dan tanggung jawab untuk tiap tingkatan manajemen dan hubungan kerja antar bagian-bagian dalam perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi memungkinkan keberhasilan program perencanaan dan pengendalian yang ditetapkan perusahaan

Keywords

Akuntansi Pertanggungjawaban, Pengendalian Biaya

Full Text:

PDF

References

Hansen, D. R, dan Mowen, M. M. 2005. Akuntansi Manajerial. Jakarta. Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta. Erlangga.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Mardiasmo. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta. Penerbit Andi. Matz, Usry, dan Hammer. 2001. Akuntansi Biaya. Penerjemah Wibowo. H. Edisi 13. Buku 1. Jakarta. Salemba Empat.

Mulyadi. 2006. Alternatif Pemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta. BPFE-UGM.

Sunarto. 2004. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta. Penerbit BPFE.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.