Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Probowangi di Stasiun Wonokromo Surabaya

Wiwik Prihartanti, Ahmad Gamal, Hardiono H, Desak Gede Suasridewi, Agus Rahmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Probowangi di Stasiun Wonokromo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Sampel yang digunakan berjumlah 60 responden. Uji statistik yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinierilitas, uji heterokedastisitas, koefisien korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, uji determinasi, dan uji parsial. Melalui olah data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Probowangi di Stasiun Wonokromo Surabaya dengan persentase sebesar 40,6%.

Keywords

Kualitas layanan dan Kepuasan penumpang

Full Text:

PDF

References

Arum, Prabandi. (2015). Kualitas Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi (Studi kasus Pelayanan Izin Gangguang (HO) di Kantor Pelayanan Perizinan Kabupaten Sleman). [Skripsi] . Yogyakarta (ID) : Universitas Negeri Yogyakarta.

Aspiani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar. Repositori Institusi USU

Febryan, Denise., Tedi Erviantono dan I Ketut Winaya. (2016). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi (Studi Kasus Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dan Penanaman Modal Kota Bogor). Citizen Charter. Vol 1 No 1.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks

Jamaluddin, Yanhar. (2016). Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal TAPIs. Vol. 12 No. 01.

Pasolong, Harbani. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.

Rino Agus Saputra, Suprapto dan Aditya Rachmadi. 2018. “Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat)â€. Vol. 2, No. 5, hlm. 1794-180

Romansyah, Kartika Martha Putri. (2015). Strategy For Improving The Quality Of Service Pt. Kai (Persero) Daop Viii Gubeng Station Surabaya (Study Service Ticketing). Publika. Vol. 3, No. 5.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabeta

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Yunnisa Nur Widiani. (2018).Kualitas Pelayanan E-Government Melalui Aplikasi E-Filing Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi. Skripsi. Universitas Telkom.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.