EVALUASI PROGRAM ANGGARAN PENDIDIKAN PADA PENGELOLAAN MUTU PENDIDIKAN

Mia Audina Naibaho, Nabila Ulfiyah Nasution, Rahmiatul Zuhro, Tulus Abdul Wahid Harahap, Yusril Ardhiansyah

Abstract

Penelitian ini adalah untuk untuk melihat bagaimana evaluasi program anggaran pendidikan pada mutu pendidikan. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Artikel ini bertujuan menjelaskan terkait topik implementasi anggaran pendidikan dalam satuan pengelolaan dan penyelenggaraan mutu pendidikan di dalam sebuah sekolah lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program anggaran pedidikan dalam mutu pendidikan adalah 1) untuk mengetahui sumber dana keuangan sekolah, (2) untuk mengetahui apa saja komponen pembiayaan sekolah, (3) untuk mengetahui mekanisme penyusunan RAPBS, (4) dan untuk mengetahui pertanggungjawaban pelaksanaan APBS. Penelitian dilakukan untuk bisa mengetahui tentang perumusan dan implementasi anggaran pendidikan pada satuan pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan di sekolah negeri dan sekolah swasta, sehingga nantinya observasi penelitian ini bisa mngetahui hal-hal yang harus diperhatikan dan hal-hal yang berkaitan dengan anggaran pendidikan yang baik dan sesuai dengan peraturan pemerintahan.

Keywords

Evaluasi Program Anggaran Pendidikan, Mutu Pendidikan.

Full Text:

PDF

References

Adhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 216-240.

https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/2688

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Bastian, I., 2006a. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Erlangga. Jakarta. Sistem Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah di Indonesia. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Martin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara

Peraturan Pemrintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Rahayu, Sri. dkk. 2007. Studi Fenomenologis terhadap Proses Penyusunan Anggaran Daerah Bukti Empiris Dari SKPD di Propinsi Jambi. Simposium Nasional Akuntansi 10. Makassar 26 -28 Juli 2007.

Sagala, Syaiful., (2011). Konsep dan makna pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sallis, E. (2005). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Limited.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.