Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Youtube Pada Materi Menulis Teks Biografi di Kelas X Tei I Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan

Emilia Pebriwanti Saragih

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian dengan jenis tindakan kelas yang dilakukan oleh guru bidang study berdasarkan observasi masalah yang terdapat didalam ruangan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia pada topik menulis teks biografi. Penelitian ini menerapkan media pembelajaran yaitu aplikasi YouTube sebagai media pendukung proses pembelajaran di kelas. Penelitin ini dilakukan di kelas X TEI I yang berjumlah yang 27 orang. Yang terdiri atas 17 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis pada setiap siklus yang dilakukan, dan melihat dokumentasi berupa pemaparan hasil belajar siswa pada materi menulis teks biografi sebelum penerapan media pembelajaran yaitu dengan aplikasi YouTube, dengan rata-rata hasil belajar siswa tiap siklus setelah menggunakan media pembelajaran berupa penggunaan aplikasi YouTube. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data data ialah dengan teknik kualitatif deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini (1) penggunaan media pembelajaran yaitu aplikasi YouTube sesuai dengan kategori usia dan bab yang dipelajari oleh siswa kelas X TEI I (2) Pertemuan pertama terdapat 7 orang yang berhasil menulis teks biografi dengan tepat, dan pada pertemuan kedua terdapat 11 orang dan pada pertemuan kedtiga terdapat 25 orang yang menulis teks biografi dengan tepat.

 

Keywords

Media, YouTube, Teks biografi

Full Text:

PDF

References

Hasanah, A. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI.

MAGISTRA , 141-142.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Palangkaraya: Antasari Press.

Sari, M. I. (2019). Modul Media Pembelajaran. Bandung: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI. Siddik, M. (2018). PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI

MELALUI GAMBAR BERSERI SISWA SEKOLAH DASAR. 39Sekolah Dasar: Kajian

Teori dan Praktik Pendidikan, 39-48.

Siti Sulistyani Pamuji, M. d. (2021). KETERAMPILAN BERBAHASA. Yogyakarta: Guepedia. Syam, S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS NARASI FIKSIONAL. Jurnal Al-Ta’dib,

-71.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.